Cari Kelas Yoga Khusus Bumil di Jakarta? Cek di Sini

ADVERTISEMENT

Cari Kelas Yoga Khusus Bumil di Jakarta? Cek di Sini

Alethea Pricilla - detikHealth
Senin, 21 Nov 2022 22:00 WIB
Expecting lady trainer giving yoga for pregnant women, preparing body for labour
Kelas yoga untuk bumil. (Foto: iStock)
Jakarta -

Ketika sedang hamil, seorang wanita tidak boleh sembarangan melakukan olahraga guna menjaga kesehatan ibu dan janin. Meski begitu, melakukan aktivitas fisik dengan teratur selama kehamilan sangat penting dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat, serta persiapan yang baik untuk menghadapi kelahiran.

Salah satu bentuk olahraga yang dapat dilakukan ibu hamil adalah yoga. Berlatih yoga saat hamil disebut memiliki banyak manfaat untuk sang ibu dan janinnya. Menurut American College of Obstetricians and Gynaecologists menyebut yoga yang telah dimodifikasi adalah latihan yang aman selama kehamilan. Namun disarankan untuk mendapatkan izin dari dokter sebelum melakukan yoga.

Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

Yoga dapat meningkatkan kelenturan dan kekuatan, meredakan ketegangan dan stres, serta membantu meredakan beberapa gejala pranatal mulai dari nyeri punggung hingga pinggul yang kencang. Berikut manfaat lain dari yoga, dikutip dari Baby Center.

1. Olahraga yang Efektif

Yoga menjadi latihan yang efektif untuk ibu hamil. Kelas yoga yang sangat populer adalah yoga prenatal. Jika dilakukan dengan latihan kardiovaskular seperti jalan kaki, yoga bisa menjadi cara yang ideal bagi calon ibu untuk tetap bugar. Yoga juga dapat membuat ibu hamil tetap lentur, mengencangkan otot dan meningkatkan keseimbangan dan sirkulasi selama kehamilan.

2. Mampu Hadapi Persalinan

Yoga dapat membantu wanita hamil untuk menghadapi tuntutan fisik persalinan, kelahiran, dan menjadi ibu baru. Yoga juga mengajarkan mereka cara mengatur napas dan rileks secara sadar.

3. Siap Menangani Situasi Stres

Memelajari pernapasan dapat membantu untuk tetap tenang saat proses persalinan berlangsung. Saat kesakitan atau takut, tubuh memproduksi adrenalin dan mungkin menghasilkan lebih sedikit oksitosin, hormon yang membuat proses persalinan berjalan lancar. Latihan yoga secara teratur akan membantu menahan keinginan untuk mengejan saat merasakan sakit. Dengan berlatih relaksasi dalam yoga serta akan lebih siap untuk menangani situasi stres.

4. Menurunkan Risiko Komplikasi Persalinan

Latihan ini dapat menurunkan risiko untuk ibu hamil dan bayi. Sebuah tinjauan dari 10 studi penelitian menunjukkan bahwa yoga prenatal menurunkan kemungkinan mengalami komplikasi kehamilan, tingkat rasa sakit dan stres, dan bahkan mungkin risiko memiliki bayi kecil untuk usia kehamilan.

5. Temukan komunitas yang Sehat

Manfaat yoga tidak terbatas pada kehamilan dan kesehatan fisik, berada di lingkungan yang positif dan mendukung dengan orang lain dapat memberi dorongan emosional yang teratur dan membuat tetap termotivasi untuk terus berolahraga.

"Mengambil kelas yoga prenatal adalah cara yang bagus untuk bertemu wanita hamil lainnya dan menjadi bagian dari komunitas," kata Cynthea Denise, perawat terdaftar dan instruktur yoga prenatal di Oakland, California.

Lalu di mana kelas yoga ibu hamil di Jakarta?

KLIK DI SINI UNTUK HALAMAN SELANJUTNYA





Simak Video "Dokter Ahli Pencernaan Bicara Efek ke Perut saat 'Yoga Alien' Nauli Kriya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT