10 Mitos Mengenai Softlens yang Perlu Anda Ketahui

ADVERTISEMENT

10 Mitos Mengenai Softlens yang Perlu Anda Ketahui

Sponsored - detikHealth
Jumat, 25 Nov 2022 08:05 WIB
Melawai
Foto: Freepik
Jakarta -

Di bawah ini adalah 10 mitos mengenai softlens (lensa kontak) yang sering didengar di sekeliling Anda. Simak apa saja jawaban dari mitos-mitos yang ada untuk lebih mengetahui mengenai lensa kontak.

1. Saya Tidak Bisa Memakai Lensa Kontak

Ya kamu bisa! Berkat kemajuan teknologi lensa kontak dalam beberapa tahun terakhir, hampir semua orang bisa memakai lensa kontak. Misalnya, sekarang ada lensa kontak lunak torik yang mengoreksi mata silinder. Anda mungkin menjadi kandidat yang lebih baik untuk memakai lensa kontak lebih dari yang Anda pikirkan!

2. Lensa Kontak Akan Hilang di Belakang Mata

Tidak! Sebuah membran tipis yang disebut konjungtiva meliputi bagian putih mata Anda dan menghubungkan ke bagian dalam kelopak mata, sehingga mustahil untuk lensa kontak tersesat di belakang mata.

3. Lensa Kontak Tidak Nyaman

Tidak benar. Setelah masa adaptasi singkat, kebanyakan orang bahkan tidak menyadari mereka memakai lensa kontak.

4. Lensa Kontak Bisa Permanen Menempel di Mata

Meskipun benar bahwa lensa kontak lunak dapat menempel pada permukaan mata Anda jika mengering, tetapi membasahi kembali lensa dengan larutan saline atau larutan multipurpose pencuci lensa kontak akan membuatnya bergerak lagi.

5. Perawatan Lensa Kontak Merepotkan

Salah! Sistem perawatan lensa kontak multipurpose membuat pembersihan dan desinfeksi lensa menjadi mudah. Atau untuk mengatasi hal itu, Anda dapat memilih untuk menghilangkan perawatan lensa kontak dengan memakai lensa kontak harian sekali pakai.

6. Memakai Lensa Kontak Menyebabkan Masalah di Mata

Memang benar bahwa memakai lensa kontak dapat meningkatkan risiko masalah mata. tetapi jika Anda mengikuti petunjuk dokter mata atau Refraksionis Optisien di optik mengenai cara merawat lensa Anda, berapa lama untuk memakainya dan seberapa sering Anda harus menggantinya, maka memakai lensa kontak adalah sangat aman.

7. Saya Tidak Akan Pernah Bisa Memasang Lensa Kontak

Tentu Anda akan bisa. Ini mungkin tampak sulit pada awalnya, tetapi Refraksionis Optisien di optik Anda akan memastikan Anda belajar bagaimana memasang dan melepas kontak sebelum Anda meninggalkan optik mereka. Kebanyakan orang bisa mahir dalam memakai lensa kontak lebih cepat dari waktu yang mereka bayangkan sebelumnya.

8. Lensa Kontak dapat Lepas Dari Mata

Beberapa tahun yang lalu, lensa kontak yang kuno kadang-kadang bisa lepas dari mata pemakainya saat olahraga atau kegiatan lainnya. Tapi lensa kontak saat ini, termasuk lensa RGP (Rigid Gas Permeable), ukuran nya dibuat sesuai dengan ukuran kornea mata Anda, sehingga jarang lensa kontak untuk lepas dari mata pemakainya.

9. Lensa Kontak Itu Mahal

Tidak benar. Lensa kontak kadang-kadang dapat lebih murah daripada sepasang kacamata. Bahkan, lensa kontak harian sekali pakai yang sering sekali dianggap mewah, biayanya hanya sekitar dua puluh ribu per hari.

10. Saya Sudah Terlalu Tua untuk Memakai Lensa Kontak

Siapa bilang? Dengan adanya teknik monovision dan lensa kontak yang dirancang khusus untuk usia presbiopi dan mata kering, maka usia tidak lagi penghalang untuk memakai lensa kontak. Untuk lebih pasti, coba tanyakan kepada dokter mata Anda atau Refraksionis Optisien di optik, jawabannya mungkin akan mengejutkan Anda.

Melawai Foto: Istimewa

Terdapat berbagai macam pilihan lensa kontak yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk lebih detail, Anda bisa menyimak penjelasan masing-masing lensa kontak yang tersedia di Optik Melawai di bawah ini.

Illustro dailies

Illustro dailies merupakan lensa kontak hydrogel sekali pakai yang nyaman digunakan untuk menemani berkegiatan sehari-hari. Penggunaan lensa kontak sekali pakai memiliki keunggulan, lebih higienis, lebih praktis dan lebih sehat untuk mata.

Illustro comfort

Illustro comfort merupakan lensa kontak hydrogel yang mampu meneruskan oksigen yang cukup ke mata sehingga nyaman untuk digunakan. Dengan perawatan yang tepat, lensa kontak ini bisa disimpan dan digunakan kembali dalam jangka waktu maksimal 1 bulan.

Illustro 1-Day

Illustro 1-Day merupakan lensa kontak sekali pakai dengan inovasi terbaru. Kemasan yang sangat tipis membuat lensa kontak ini unik dan memiliki kelebihan mudah untuk dibawa kemanapun kamu pergi dan cocok untuk traveling. Selain itu, dengan adanya teknologi pop up membuatnya mudah untuk dibuka, lensa dijamin tidak terbalik tanpa mengurangi ke-higienisan dari lensa kontak

Newlook

Lensa kontak dengan masa penggunaan 3 Bulan ini memiliki pilihan warna yang menarik yang dapat disesuaikan dengan selera maupun warna outfit kamu! Selain pilihan warna yang beragam, lensa kontak ini affordable dan nyaman untuk digunakan.Tersedia untuk kamu dengan ukuran/power 0 hingga -8.

Avaira Vitality

Softlens Avaira Vitality merupakan lensa kontak Silicon Hydrogel yang mampu meneruskan oksigen dengan banyak ke mata sehingga nyaman dipakai setiap hari.

Biomedics

Lensa kontak asferis utama CooperVision® Biomedics® 55 dirancang untuk secara efektif mengontrol aberasi bola rata-rata pada lensa dan mata manusia. Biomedics 55 lensa kontak utama dapat memfokuskan cahaya, memberikan visi yang lebih jernih, lebih tajam -terlepas dari jumlah koreksi yang diperlukan, dan pada saat yang sama, desain ujung membulat memberikan kenyamanan luar biasa.

Illustro Aquasoft

Aquasoft solution merupakan cairan pembersih softlens dengan manfaat sebagai Cleans, yaitu membersihkan softlens, lubricates atau melembabkan softlens, disinfects atau mematikan kuman yang menempel pada softlens, protein removes atau yang disebut membersihkan deposit protein serta stores atau mempertahankan kualitas softlens selama penyimpanan.

Melawai Foto: OptikMelawai

Semua produk ini tersedia dengan promo menarik di gerai Optik Melawai seluruh Indonesia www.optikmelawai.com, maupun di Optik Melawai Official Store di marketplace kesayangan Anda dan dapatkan promo yang sedang berlangsung!

(Content Promotion/Optik Melawai)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT