Kaki Ditekuk Usai Olahraga Bisa Bikin Varises? Dokter Ungkap Faktanya

ADVERTISEMENT

Kaki Ditekuk Usai Olahraga Bisa Bikin Varises? Dokter Ungkap Faktanya

Muhammad Rofiq - detikHealth
Minggu, 27 Nov 2022 16:25 WIB
Varicose veins in pregnant women. Woman sits on bed and points her finger at swollen veins.
Ilustrasi varises. (Foto: iStock)
Jakarta -

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana awal mula varises muncul. Tidak sedikit pula berseliweran informasi mengaitkan kaki ditekuk usai olahraga bisa memicu kondisi varises.

Varises adalah gangguan pada pembuluh darah vena yang membesar, bengkak, terpuntir, sering tampak berwarna biru atau ungu tua.

Satu hal yang pasti, dokter spesialis bedah subspesialis bedah vaskular dan endovaskular RS Pondok Indah dr Febiansyah Kartadinata Rachim menyebut tingginya risiko terkena varises disebabkan kurangnya aktivitas fisik sehari-hari.

"Orang yang sudah varises, olahraga tadi kan karena males gerak, kebanyakan tiduran/berdiri, kalo BAB duduknya lama, bekerja jam 9 pagi-5 sore yang nggak banyak bergerak, risikonya tinggi varises," ungkap dr Febiansyah saat ditemui detikcom di kawasan Jakarta Selatan, Senin (21/11/2022).

Selain itu, dr Febiansyah menyarankan bagi para penderita varises sebaiknya tetap melakukan aktivitas fisik salah satunya dengan berolahraga dan selalu memakai stoking.

"Jadi kalau olahraga itu disarankan, bagus banget supaya alirannya ke atas bagus, dipakai stokingnya. Tapi kalau sudah varises, nggak pakai stoking, rajin olahraga, pasti tambah hancur," jelasnya.

Lebih lanjut, dr Febiansyah juga menegaskan bahwa menekuk kaki setelah olahraga bisa menyebabkan varises itu hanya mitos belaka.

"Ya nggak apa-apa, nekuk-nekuk aja, ya mungkin aliran darahnya supaya jadi lambat nggak lancar, tapi kalo katupnya bagus nggak masalah," ujar dr Febiansyah.

"Yang lebih berisiko (terkena varises) yang jarang olahraga," pungkasnya.



Simak Video "Jalan Kaki dan Efek Baiknya untuk Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT