Resmi Ganti Nama, Ini Alasan WHO Ubah Cacar Monyet Jadi MPOX

ADVERTISEMENT

Resmi Ganti Nama, Ini Alasan WHO Ubah Cacar Monyet Jadi MPOX

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Selasa, 29 Nov 2022 19:45 WIB
Doctor holding Monkeypox Test Tube Result Positive. Global virus concept.
WHO resmi mengganti nama cacar monyet menjadi mpox dan mox. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/atakan)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi mengganti nama penyakit cacar monyet dengan MPOX dan MOX. Kedua nama tersebut akan digunakan secara bersamaan selama satu tahun sementara nama 'cacar monyet' atau 'monkeypox' dihapuskan.

Para ahli global menetapkan 'mox' dan 'mpox' setelah mempertimbangkan kesesuaian ilmiah, tingkat penggunaan saat ini, serta kemampuan pengucapan di antara faktor-faktor lainnya.

"Menetapkan nama untuk penyakit baru dan, sangat luar biasa, untuk penyakit yang sudah ada adalah tanggung jawab WHO di bawah Klasifikasi Penyakit Internasional (ICD) dan Keluarga WHO dari Klasifikasi Terkait Kesehatan Internasional melalui proses konsultatif yang mencakup Negara Anggota WHO," tulis WHO dalam laman resminya dikutip pada Selasa (29/11/2022).

Melalui laman resmi WHO, adapun alasan penggantian nama penyakit tersebut. Ini berfungsi untuk mengurangi kekhawatiran yang dikemukakan oleh para ahli tentang kebingungan yang disebabkan oleh perubahan nama di tengah wabah global.

Adapun beberapa rekomendasi dari WHO terkait penggantian nama ini, sebagai berikut:

  • Adopsi mpox sinonim baru dalam bahasa Inggris untuk penyakit ini.
  • Mpox akan menjadi istilah pilihan, menggantikan monkeypox, setelah masa transisi satu tahun. Ini berfungsi untuk mengurangi kekhawatiran yang dikemukakan oleh para ahli tentang kebingungan yang disebabkan oleh perubahan nama di tengah wabah global. Ini juga memberi waktu untuk menyelesaikan proses pembaruan ICD dan memperbarui publikasi WHO.
  • Sinonim mpox akan dimasukkan dalam ICD-10 online dalam beberapa hari mendatang. Ini akan menjadi bagian dari rilis resmi ICD-11 tahun 2023, yang merupakan standar global saat ini untuk data kesehatan, dokumentasi klinis, dan agregasi statistik.
  • Istilah 'cacar monyet' akan tetap menjadi istilah yang dapat dicari di ICD, agar sesuai dengan informasi historis.
  • Pertimbangan untuk rekomendasi termasuk alasan, kesesuaian ilmiah, tingkat penggunaan saat ini, pengucapan, kegunaan dalam bahasa yang berbeda, tidak adanya referensi geografis atau zoologi, dan kemudahan pengambilan informasi ilmiah sejarah.

Secara umum, penamaan ini berusaha untuk menghindari menghubungkan penyakit atau virus apapun dengan negara, wilayah, hewan, atau kelompok etnis.

Monkey Pox yang akhirnya resmi berubah menjadi Mpox, ditemukan pada tahun 1958 dan dinamai berdasarkan hewan pertama yang menunjukkan gejala, sebagian besar menyebar di sekelompok negara di Afrika barat dan tengah hingga tahun ini.



Simak Video "Kelompok yang Direkomendasikan WHO Dapat Vaksinasi Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT