5 Makanan yang Dilarang untuk Pengidap Asam Urat, Ada Roti hingga Jeroan

ADVERTISEMENT

5 Makanan yang Dilarang untuk Pengidap Asam Urat, Ada Roti hingga Jeroan

Fadilla Namira - detikHealth
Rabu, 30 Nov 2022 21:30 WIB
Womans leg hurts, pain in the foot, massage of female feet at home
Ilustrasi asam urat. (Foto: iStock)
Jakarta -

Asam urat berasal dari senyawa purin yang dihasilkan langsung oleh hati (liver) ataupun asupan makanan sehari-hari. Oleh karenanya, ada beberapa makanan yang dilarang untuk pengidap asam urat konsumsi guna mencegah kondisinya kian memburuk atau timbul komplikasi.

Kadar asam urat dikatakan normal bila tidak melewati 200 mg/dL. Bila berlebih, asam urat bisa membentuk kristal di jaringan persendian dan ginjal. Itu sebabnya, pengidap asam urat acap kali mengalami radang sendi dan batu ginjal.

Untuk itu, rutinlah mengecek kadar asam urat setidaknya enam bulan sekali di layanan medis terdekat. Bila kedapatan kadarnya melewati batas aman, segera hindari makanan berikut ini.

Makanan yang Dilarang Untuk Pengidap Asam Urat

Pada dasarnya, pengidap asam urat harus menghindari makanan yang tinggi kandungan purin. Berikut daftarnya dikutip dari Very Well Health:

1. Buah Tinggi Gula

Setiap buah tentunya memiliki kandungan gula atau fruktosa. Namun beda jenis buah, beda pula takaran gula di dalamnya. Meski tidak semua buah harus dihindari, ada baiknya pengidap asam urat membatasi konsumsi apel, semangka, dan alpukat.

2. Makanan Olahan

Zaman yang semakin canggih memengaruhi proses olahan makanan jadi semakin ringkas. Tak jarang kita melihat banyak minimarket menjual makanan olahan siap santap.

Namun di balik itu, ada kandungan karbohidrat buatan yang berisiko menaikan kadar asam urat lebih tinggi dan memicu perkembangan penyakit fatal, misalnya diabetes tipe 2 dan obesitas. Contoh dari makanan ini berupa:

  • Permen
  • Roti Tawar Putih
  • Es Krim
  • Makanan Beku

3. Daging Merah dan Jeroan

Penelitian yang diterbitkan oleh Airiti Library pada 2018 membuktikan bahwa daging merah dan jeroan memiliki senyawa purin yang tinggi. Jadi, jangan heran mengapa dokter menganjurkan pengidap asam urat untuk membatasi asupan makanan ini.

Berbeda dengan ayam, dagingnya mengandung kadar purin yang sedang sehingga masih aman dikonsumsi dengan porsi secukupnya. Sebagai gantinya, protein hewani ini bisa diganti dengan telur, kacang-kacangan, atau tahu.

4. Ikan Laut

Makanan yang tinggi purin selanjutnya adalah ikan laut, seperti teri, tenggiri, dan sarden. Oleh karena itu, pengonsumsiannya harus dibatasi hingga 170 gram sehari. Hewan laut yang juga sebaiknya dibatasi adalah kepiting, kerang hijau, udang, dan lobster.

5. Makanan Ekstrak Ragi

Hindari makanan atau suplemen yang mengandung ekstrak ragi. Sebab, ragi mengandung purin yang tinggi. Bahan tersebut biasanya ditemukan pada beberapa makanan kemasan, seperti sup kaleng, cemilan asin, dan makanan beku.

Makanan yang dilarang untuk pengidap asam urat agaknya jadi santapan favorit semua orang. Namun, demi kesehatan yang lebih baik, hindari konsumsinya dalam jumlah besar. Selain makanan, minuman beralkohol dan berpemanis buatan juga dibatasi karena dapat memperburuk penyakit asam urat.

Baca juga: Wamenkes soal


Simak Video "Dokter Sarankan Masyarakat Hijrah Konsumsi ke Makanan Rebus-rebusan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT