Harian COVID Diprediksi Ngegas di Atas 10 Ribu, Aturan Nataru Diperketat?

ADVERTISEMENT

Harian COVID Diprediksi Ngegas di Atas 10 Ribu, Aturan Nataru Diperketat?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kamis, 01 Des 2022 12:50 WIB
Sejumlah kendaraan ambulans dan bus sekolah yang membawa pasien COVID-19 antre untuk masuk kawasan Rumah Sakit Darurat  COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Jakarta, Kamis (10/6).
Kasus Corona naik, bakal ada pembatasan jelang Nataru? (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Kondisi COVID-19 di Indonesia mulai merangkak naik lagi menjelang libur Natal dan Tahun Baru. Bahkan WHO menyebut transmisi Corona di wilayah Jawa-Bali sudah di level 2.

Akankah ada pengetatan jelang Nataru?

"Tentu itu akan diputuskan oleh satgas, terutama untuk Jawa-Bali ada Kemenkomarinves. Kita akan evaluasi," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dr Maxi Rein Rondonuwu saat ditemui Kamis (1/12/2022).

Maxi menambahkan dengan melihat angka harian COVID-19 di rata-rata 7 ribu kasus, bisa jadi ada lonjakan hingga 10 ribu kasus per hari. Ia juga mengingatkan agar masyarakat memperketat prokes dan melakukan vaksinasi booster demi memutus penularan dan mencegah kematian.

Pihaknya disebut akan melakukan evaluasi untuk meningkatkan cakupan vaksinasi booster bagi lansia. Hal ini dilakukan karena kasus kematian COVID yang terjadi pada dua bulan terakhir didominasi kelompok tersebut.

"Kami akan rapat bagaimana percepatan vaksinasi untuk lansia karena saat dievaluasi 2 bulan terakhir 60 persen lansia. Lalu kebanyakan belum divaksin atau satu kali divaksin makanya kita prioritas lansia sehingga beban RS tidak berat perawatannya," pungkas Maxi.



Simak Video "Pakar IDI soal Kasus Covid-19 di RI yang Terus Menurun"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT