Viral Tips Wajah Putih Instan Pakai Micin, Dokter Kulit Ungkap Dampaknya

ADVERTISEMENT

Viral Tips Wajah Putih Instan Pakai Micin, Dokter Kulit Ungkap Dampaknya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jumat, 02 Des 2022 21:10 WIB
Tyumen, Russia - January 21, 2020: TikTok and Facebook application  on screen Apple iPhone XR
ilustrasi viral tiktok (Foto: iStock)
Jakarta -

Geger video di media sosial yang memperlihatkan seseorang membersihkan wajahnya menggunakan micin. Dalam video tersebut, seseorang itu mengakui bahwa trik membersihkan wajah menggunakan micin dapat membuat wajah putih secara instan dalam waktu tiga hari.

Padahal, micin sendiri digunakan sebagai penyedap masakan, bukan sebagai skincare atau kecantikan. Lantas, seperti apa dampaknya pada kulit?

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Premier Jatinegara, dr Margaretha Indah Maharani, SpKK, FINSDV, FAADV, micin tidak diformulasikan untuk kulit. Meskipun micin memiliki zat aktif, namun berat molekulnya terlalu besar sehingga tak bisa menembus kulit.

"Sedangkan untuk menembus kulit kita membutuhkan berat molekul yang kecil," ucapnya saat ditemui di Jakarta Selatan, Kamis (1/12/2022).

Adapun efek samping jika seseorang menggunakan micin untuk wajah, yaitu bisa memicu iritasi ringan maupun berat. Apabila sudah termasuk iritasi berat, dr Maharani menyebut bisa meninggalkan efek inflamasi.

"Iritasi itu bikin merah. Merah itu semua bekasnya kan bikin hitam pada kulit asli terutama pada kulit indonesia sawo matang, punya pigmen tapi cukup cerah," tuturnya lagi.

Alhasil ujung-ujungnya, kata dr Maharani, bukan memberikan efek putih pada wajah melainkan menjadi hitam.

"Endingnya ya tidak akan jadi putih," lanjutnya lagi.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT