5 Sumber Nutrisi HMB untuk Dukung Pertumbuhan Massa Otot

ADVERTISEMENT

5 Sumber Nutrisi HMB untuk Dukung Pertumbuhan Massa Otot

Angga Laraspati - detikHealth
Minggu, 04 Des 2022 21:22 WIB
Ilustrasi untuk Ensure
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah HMB atau (Metabolit Asam Amino Leucin). Padahal, nutrisi yang satu ini juga menjadi salah satu yang terpenting bagi kesehatan tubuh.

Adapun HMB merupakan metabolit dari asam amino Leusin yang berfungsi mengatur sintesis protein otot. Pada dasarnya, HMB diproduksi secara alami oleh tubuh, namun dalam jumlah yang kecil.

Selain diproduksi tubuh, HMB secara alami diproduksi dalam jumlah kecil ketika tubuh memecah leusin. Studi juga telah menemukan HMB dapat dikaitkan dengan banyak manfaat termasuk peningkatan pertumbuhan otot dan pengurangan kerusakan pada otot.

Nah, untuk mendapatkan nutrisi tersebut seseorang bisa mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi leusin. Berikut ini adalah beberapa contohnya seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Tuna

Ikan tuna bisa menjadi sumber yang baik bagi yang ingin mendapatkan nutrisi leusin. Dalam satu tuna kalengan misalnya, terdapat 1.833 miligram leusin per 3 ons dan menyediakan 74 persen rekomendasi asupan harian (RDI) untuk isoleusin dan 64 persen RDI untuk valin.

Selain itu, menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health memakan ikan dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan berbagai cara, seperti melindunginya dari gangguan irama dan menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

Salmon

Ikan salmon memang terkenal akan rasanya yang gurih dan nikmat. Selain itu, ikan ini juga kaya nutrisi yang baik bagi tubuh, salah satunya yaitu asam amino dan juga asam lemak omega-3.

Salmon kaya akan zat docosahexaenoic (DHA), yang merupakan jenis asam lemak omega-3 dan dapat mengurangi trigliserida dalam darah dan bahkan mengontrol kolesterol jahat yang berbahaya.

Kandungan nutrisi dalam salmon ini juga mampu menjaga kesehatan jantung hingga membentuk struktur sel dalam tubuh. Selain itu, salmon juga kaya akan vitamin D, B6, dan manfaat lainnya bagi kekebalan tubuh dan juga kulit.

Telur

American Heart Association mengatakan mengonsumsi telur dalam satu hari tidak apa-apa. Malahan, seseorang bisa mendapatkan 6 gram protein dalam setiap telur yang dikonsumsinya.

Selain itu, menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health ada sekitar 538 miligram leusin per satu telur rebus. Meski begitu, makanlah telur dalam jumlah yang sedang disertai dengan pilihan protein nabati jika memungkinkan.

Kedelai

Kedelai pun bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan nutrisi leusin. Kedelai pun kini bisa ditemukan pada beberapa produk seperti tahu, tempe, hingga edamame yang tersedia di pasar atau supermarket.

Contoh dari baiknya produk kedelai ini untuk memperoleh leusin bisa dilihat dari tahu yang mampu menyediakan 1.184 miligram leusin vegetarian per 3 ons mentah. Kedelai juga menawarkan sumber protein yang lengkap dan bergizi.

Menurut, Cedars-Sinai protein pada kedelai memasok semua asam amino esensial yang tidak dapat disintesis oleh tubuh. Jadi, produk kedelai bisa dibilang sangat bagus bagi yang sedang ingin diet.

Daging Sapi

Daging sapi bisa disebut sebagai salah satu sumber asam amino yang terbaik. Sebagai contoh dalam satu buah skirt steak, ada 2.503 miligram per 3 ons. Makanan ini juga mengandung isoleusin dengan 96 persen RDI dan 78 persen RDI untuk valin.

Walau begitu, Harvard Medical School mengatakan meski mengandung leusin paling banyak, baiknya steak dimakan dalam jumlah sedang. Sebab, sejumlah bukti menunjukan asupan daging merah yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung hingga kematian dini yang lebih besar.

Selain makanan-makanan tersebut, nutrisi HMB juga bisa didapatkan dari berbagai suplemen. Suplementasi nutrisi HMB 1,5 gram dan vitamin D 40 mcg per hari selama 6 bulan terbukti meningkatkan berat badan hingga mengurangi keterbatasan fungsional.

Seseorang pun bisa mendapatkan nutrisi HMB secara praktis dengan mengonsumsi ENSURE Gold, nutrisi dewasa pertama dan satu-satu nya dengan kandungan HMB (Hidroksi Metil Butirat) dan Triple protein yang mampu membantu menjaga massa otot.

Ensure Gold satu-satunya nutrisi dewasa di Indonesia mengandung HMB (metabolit asam amino leucin) yang terbukti secara klinis untuk menjaga massa otot dan triple protein protein whey, kasein dan soya.

Ensure Gold juga kaya akan kalsium, omega 3 & 6, 14 vitamin, dan 9 mineral yang cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi orang dewasa sehat pada umumnya dan lanjut usia.

Ensure Gold juga bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh karena memiliki antioksidan, zinc, protein, dan vitamin A & D yang punya peran penting untuk tubuh. Ensure Gold tersedia dalam 3 rasa yaitu vanilla, cokelat dan gandum.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, minum ensure gold 2 kali sehari untuk lengkapi kebutuhan nutrisi harian agar hidup makin berkualitas. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat di tautan berikut ini.

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT