Orang Tua Sebagai 'Pintu Pertama' Anak Menjadi Dewasa

ADVERTISEMENT

Orang Tua Sebagai 'Pintu Pertama' Anak Menjadi Dewasa

Khairunissa Adinda Kinanti - detikHealth
Selasa, 06 Des 2022 08:04 WIB
Jakarta -

Pola pikir dan tingkat kedewasaan anak tentu tergantung pada pola asuh orang tua masing-masing. Orang tua tentu mempunyai peran penting dalam mendidik agar sang anak tidak masuk dalam pergaulan yang tidak sehat, terlebih jika sang anak sampai bisa menyakiti orang lain.

Seperti yang dikemukakan oleh Dian Wisnuwardhani, M.Psi selaku Dosen Psikolog UI dalam program e-Life Jumat lalu (2/12/2022). Salah satunya membahas tentang kasus tentang pembunuhan 3 anggota keluarga yang dilakukan oleh anaknya sendiri.

"Cara anak mengekspresikan emosi, cara anak bisa menjaga emosinya, mengambil keputusan, berbuat salah namun dia berani memperbaiki, dan mendengarkan (perkataan) orang tua, itu sangat dipengaruhi oleh bagaimana orang tua berani juga untuk mendidik anak-anak sehingga akan menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dengan semua perilakunya. Karena orang tua itu kan menjadi pintu pertama anak untuk menjadi dewasa," ungkapnya.

Salah satu faktor yang mempengaruhi pola pikir si kecil adalah bermain game. Terlebih jika game yang dimainkan adalah game yang memiliki unsur kekerasan. Orang tua wajib mendampingi anaknya dan menjelaskan bahwa melakukan kekerasan di dalam permainan, tidak harus dilakukan di kehidupan sehari-hari.

"Apalagi kalau kita main games. Itu kan gerakan sensorik kita, tangan kita, semuanya kan bergerak gitu ya. Pikiran kita sudah masuk (ke dalam games tersebut), perasaan kita juga. Itu bisa membentuk pola pikir, membentuk perasaan kita, apakah kita menjadi agresif dan sebagainya. Akhirnya kita menjadi pribadi yang seperti itu," jelas Dian Wisnuwardhani, M.Psi selaku Dosen Psikolog UI.

"Kalau tidak didampingi orang tua, itu berbahaya. Orang tua wajib mengedukasi bahwa ini hanya permainan, main games," lanjutnya.

(mjt/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT