Bahaya Ibu Hamil Terlalu Sering Bergadang

ADVERTISEMENT

Bahaya Ibu Hamil Terlalu Sering Bergadang

Sponsored - detikHealth
Jumat, 09 Des 2022 07:05 WIB
Canva
Foto: Canva
Jakarta -

Aktivitas bergadang harus dihindari oleh para ibu hamil. Pasalnya aktivitas tersebut berisiko memberikan dampak buruk terhadap kesehatan janin dan ibu.

Namun di satu sisi, banyak ibu hamil yang kesulitan menjaga kualitas tidurnya. Dilansir dari jurnal BMC Pregnancy and Childbirth, sekitar 3 dari 10 wanita hamil memiliki durasi tidur kurang dari 7 jam setiap harinya.

Selain karena sering buang air kecil sepanjang malam, perut ibu yang semakin membesar bisa menyulitkan untuk tidur dengan posisi nyaman. Meski umum terjadi, bukan berarti bisa dimaklumi begitu saja.

Pasalnya, bergadang dapat merugikan kesehatan ibu hamil dan bayi di kandungan. Berikut beberapa bahaya yang perlu diwaspadai.

1. Risiko Tinggi Persalinan Prematur

Bergadang ternyata bisa mempengaruhiFetal Growth Restriction (FGR) atau pembatasan pertumbuhan janin. Salah satu yang mempengaruhi FGR yakni jumlah oksigen yang disebabkan oleh stres hingga kurangnya nutrisi. Tak hanya itu, kualitas dan posisi tidur ibu telah dikaitkan dengan FGR.

2. Bergadang Meningkatkan Tekanan Darah

Begadang berpotensi untuk meningkatkan tekanan darah. Sebab ketika seseorang bergadang maka proses metabolisme tubuh dan kontrol stres dalam tubuh bisa terganggu.

Dikutip dari Mayo Clinic, memiliki waktu tidur yang pendek bisa membuat energi seseorang menurun. Tak hanya itu, bergadang juga berpotensi menyebabkan lemak mengalami penumpukan di dalam tubuh. Oleh karena itu, wanita hamil disarankan untuk menjaga pola tidurnya dengan tidak bergadang.

3. Meningkatkan Risiko Preeclampsia

Tak hanya mampu meningkatkan tekanan darah, wanita hamil yang kerap bergadang juga berisiko untuk terserang preeklampsia. Preeklampsia sendiri berkaitan dengan potensi cedera organ pada wanita hamil. Bahkan yang terparah bisa meningkatkan risiko kematian baik bagi wanita hamil atau bayi dalam kandungan.

4. Meningkatkan Komplikasi Persalinan

Dikutip dari Very Well Health, kurang tidur dapat membuat terjadinya komplikasi persalinan. Sejumlah penelitian menunjukan bahwa kualitas tidur yang buruk bisa berpengaruh perempuan yang hamil.

Selain itu, tidur yang buruk bisa mengganggu kesehatan bahkan hingga berdampak kritis kepada wanita hamil. Bahkan bisa berpotensi menyebabkan komplikasi kesehatan ibu seperti hipertensi dan diabetes gestasional.

5. Menghambat Persalinan

Kebiasaan bergadang juga berpotensi untuk mengganggu proses persalinan normal. Pasalnya kurang tidur bisa memberikan pengaruh terhadap fungsi dan suasana hati seseorang. Sehingga bisa berdampak pada kurangnya konsentrasi hingga mengalami masalah komunikasi.

6. Mengalami Gangguan Metabolisme

Ibu hamil yang begadang, terutama selama trimester ketiga berisiko mengalami kekurangan kadar adiponektin, yang mana senyawa adiponektin berfungsi menjaga metabolisme tubuh.

Tidak hanya pada ibu, kekurangan adiponektin juga dapat menyebabkan berbagai penyakit pada bayi setelah ia lahir dan tumbuh dewasa.

Anak juga akan lebih berisiko menderita diabetes, obesitas dan penyakit akibat gangguan metabolisme lainnya. Mengingat begitu banyak bahayanya, ibu hamil sebaiknya menghindari kebiasaan bergadang.

Untuk menjaga kesehatan diri dan perkembangan janin, ibu perlu memperoleh kualitas tidur yang baik selama masa kehamilan.

Selain itu, hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi vitamin sejak awal sekali kehamilan untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan tabung saraf janin dari awal kehamilan hingga proses menyusui. Hal tersebut juga dilakukan untuk mencegah ibu dan anak mengalami gangguan metabolisme.

Vitamin prenatal yang direkomendasikan di atas salah satunya adalah Bundavin. Suplemen yang memiliki kandungan multivitamin, asam folat, dan mineral yang dapat dikonsumsi oleh wanita yang sedang melakukan program hamil hingga untuk ibu menyusui.

Samco Farma Foto: Samco Farma

Bundavin dari PT Samco Farma lainnya dapat didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Blibli, dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi kontak pada nomor 081288715581.

(Content Promotion/Samco Farma)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT