Verrell Bramasta Kesakitan Bahu Kiri 'Copot', Ampuh Nggak Sih Langsung Diurut?

ADVERTISEMENT

Verrell Bramasta Kesakitan Bahu Kiri 'Copot', Ampuh Nggak Sih Langsung Diurut?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Kamis, 08 Des 2022 14:31 WIB
verrell
Verrell Bramasta (Foto: (bramastavrl/Instagram))
Jakarta -

Verrell Bramasta mengabarkan dirinya mengalami dislokasi bahu atau insiden yang membuat bonggol tulang lengan bagoan atas sebelah kiri terlepas. Karenanya, ia pun memilih mendatangi tukang urut tradisional untuk terapi.

Lantas efektif nggak sih ke tukang urut?

Konsultan Ortopedi, Arthritis, dan Sport Surgeon dari ALTY Orthopaedic Hospital Malaysia, Dato Dr Badrul Shah Badaruddin, menjelaskan kalau tukang urut atau tempat tradisional yang didatangi sudah ahli mengatasi kondisi tersebut, mungkin bagus dan benar cara penanganannya.

Namun apabila tukang urut yang didatangi tersebut tak terlatih atau 'gadungan', hal ini justru bisa memperburuk kondisi yang dialaminya.

"Kalau tradisionalnya atau tukang urut sudah terbiasa untuk mengatasi kondisi ini mungkin bagus dan mungkin betul caranya," ucapnya saat ditemui di Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2022).

Meskipun demikian, ia tetap menyarankan untuk periksa ke dokter agar ditelusuri lebih lanjut. Sebab ada jenis cedera yang membutuhkan pembedahan, dan ada juga yang tidak.

"Yang pentingnya bagaimana kondisinya, apakah first time atau many time berkali-kali. Kalau kejadiannya berulang harus ke rumah sakit dan ditelusuri lebih lanjut menggunakan MRI Scan. Jadi bisa lihat bagaimana kecedraannya," sambungnya lagi.



Simak Video "Tyo Nugros Awet Muda di Usia 52, Apa Tipsnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT