Apa Itu Elsimil, Dipakai Erina Gudono untuk Cegah Stunting?

ADVERTISEMENT

Apa Itu Elsimil, Dipakai Erina Gudono untuk Cegah Stunting?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sabtu, 10 Des 2022 06:00 WIB
Erina Gudono calon istri Kaesang Pangarep di malam midodareni, Jumat (9/12/2022).
Erina Gudono menggunakan aplikasi Elsimil untuk skrining risiko stunting (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng)
Jakarta -

Erina Gudono akan menikah dengan putra bungsu Joko Widodo, Kaesang Pangarep, Sabtu (10/12/2022). Sesuai anjuran Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Erina juga melakukan persiapan khusus untuk mencegah stunting.

Salah satunya dengan skrining pranikah, yang dilakukan melalui aplikasi Elsimil alias Elektronik Siap Nikah dan Hamil. Aplikasi ini dikembangkan BKKBN sebagai sarana edukasi bagi calon pengantin.

"Saya sudah men-download dan mengisi semua kuesioner di aplikasi Elsimil," kata Erina kepada tim BKKBN saat ditemui di Mlati, Sleman, DI Yogyakarta, akhir November lalu.

Dikutip dari Cegahstunting.id, skrining calon pengantin melalui Elsimil dilakukan dengan kuesioner yang diisi tiga bulan sebelum pernikahan. Calon penganting disarankan melakukan pemeriksaan kesehatan di fasilitas layanan kesehatan, lalu memasukkan hasilnya dalam kuesioner.

Data yang dimasukkan antara lain mencakup usia, status gizi, berat badan, tinggi badan, ukuran lingkar lengan dan perut, kadar hemoglobin (Hb), dan perilaku merokok.

Melalui data yang dimasukkan, tim pendamping kesehatan (TPK) yang mencakup kadar PKK dan kader KB (Keluarga Berencana) dapat mendeteksi adanya risiko stuntung. Jika diperlukan, maka intervensi dapat diberikan sebelum calon pengantin tersebut hamil.

Momen Erina memeriksakan kesehatannya sebagai calon pengantin di Puskesmas Ngaglik, Sleman ia bagikan di media sosial. Dalam sebuah unggahan, ia menunjukkan fotonya bersama sejumlah petugas puskesmas.

"Lancar acaranya mba @erinagudono. Terimakasih sudah melibatkan @puskesmasngaglik1 ke dalam rencana besarnya," tulis seorang netizen yang diunggah ulang oleh Erina.

Soal rencana kehamilan dan punya anak, Kaesang angkat bicara. Ia menyerahkan keputusan tersebut kepada Erina.

"Punya berapa anak saya serahkan kembali ke Erina karena kan itu badannya Erina. Saya ndak ini, dah saya manut saja," kata Kaesang usai gladi akad di Royal Ambarrukmo, Sleman, Selasa (6/12/2022), sebagaimana dikutip dari detikJateng.



Simak Video "Stunting di Indonesia Kini Turun Menjadi 21,6%"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT