Soal Nerd Defense, Ferdy Sambo Sengaja Pakai Kacamata demi Luluhkan Hati Hakim?

ADVERTISEMENT

Soal Nerd Defense, Ferdy Sambo Sengaja Pakai Kacamata demi Luluhkan Hati Hakim?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rabu, 11 Jan 2023 13:34 WIB
Putri Candrawathi kembali menjalani sidang offline usai negatif COVID-19. Putri berpelukan dengan suaminya Ferdy Sambo yang juga menjadi terdakwa.
Ferdy Sambo sengaja pakai kacamata demi luluhkan hati hakim? (Foto: A.Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Psikolog forensik Reza Indragiri menyoroti pemakaian kacamata Ferdy Sambo di beberapa kali persidangan. Kata Reza, kemungkinan ada 'siasat' melembutkan hati hakim di balik penggunaan kacamata tersebut.

Pasalnya, menjelang putusan vonis, Ferdy Sambo lebih sering menggunakan kacamata. Bisa jadi, ini adalah strategi yang menurut banyak studi efektif dilakukan seorang terdakwa.

Sejumlah riset disebut Reza menunjukkan penggunaan kacamata di ruang sidang bukan cuma soal gimmick, tetapi kerap membuat hati hakim luluh. Terdakwa juga terlihat lebih cerdas, yang mungkin berpengaruh pada hasil penilaian hukuman.

''Terdakwa juga tampak tidak intimidatif, sehingga mengurangi kesan ia adalah sosok biadab. Ujung-ujungnya, berkurang kemungkinan terdakwa divonis bersalah. Atau, karena ia terkesan lebih manusiawi, hukumannya bisa lebih ringan,'' sebut Reza, mengomentari hal itu kepada detikcom Rabu (11/1/2023).

Pembelaan diri semacam ini kemungkinan menguntungkan Ferdy Sambo yang memiliki raut wajah keras, kacamata bak menjadi kesan 'pelembut' untuk menunjukkan dirinya tak bersalah.

''Terdakwa yang dalam situasi normal tak memakai kacamata, kemudian memakai kacamata tanpa ukuran. Bukan sebatas gimmick, apalagi untuk gagah-gagahan, faedah kacamata terhadap jalannya persidangan ternyata tak bisa dipandang sebelah mata,'' sambungnya.

''Nah, bagi FS yang punya raut muka keras jelas butuh "pelembut" guna melembutkan hati hakim. Pertanyaannya, ampuhkah nerd defense meloloskan FS dari lubang jarum?,'' lanjut dia.

Apa Itu Nerd Defense?

Istilah ini diartikan sebagai strategi pembelaan diri dengan menampilkan pribadi seperti kutu buku. Misalnya, terdakwa dengan memakai kacamata dinilai terlihat tidak intimidatif, lebih manusiawi, mengurangi kesan sosok biadab, sehingga berpengaruh pada hukuman yakni lebih ringan.



Simak Video "Ingin Berikan Perlindungan ke Anak Sambo, Kak Seto Minta Izin Bareskrim Polri"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT