Viral Makanan Nasi Minyak, Ini Wanti-wanti Dokter soal Risiko Dislipidemia

ADVERTISEMENT

Viral Makanan Nasi Minyak, Ini Wanti-wanti Dokter soal Risiko Dislipidemia

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rabu, 18 Jan 2023 05:30 WIB
The Magic of the Image
Viral jajanan nasi minyak bikin dokter waswas (Foto: Getty Images/iStockphoto/sitriel)
Jakarta -

Belakangan bermunculan jajanan dan makanan pinggir jalan dengan olahan minyak berlebih. Bahkan, baru-baru ini viral sajian nasi yang sengaja dicampur dengan minyak.

"Dikasih makan nasi minyak karena penyajiannya itu full minyak goreng," demikian narasi dalam video viral jual nasi minyak, seperti dilihat detikcom Selasa (17/1/2023).

Spesialis penyakit dalam dr Andi Khomeini Takdir Haruni menyoroti efeknya bisa memicu dislipidemia. Dislipidemia disebut menandakan tingginya kadar lemak di dalam darah.

"Saya khawatir dampaknya ke peningkatan kasus dislipidemia dan turunannya," beber dr Koko dalam cuitan akun Twitter pribadinya, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, Selasa (17/1).

"Dislipidemia adalah tingkat yang tidak sehat dari satu atau lebih jenis lipid atau lemak dalam darah. Darah mengandung tiga lipid utama yakni
Lipoprotein densitas tinggi (HDL), lipoprotein densitas rendah (LDL), dan trigliserida (TG)," lanjut dia.



Jika seseorang mengalami dislipidemia, artinya kadar LDL atau TG mereka terlalu tinggi. LDL merupakan jenis kolesterol jahat yang bisa menumpuk dan membentuk gumpalan atau plak di dinding arteri. Terlalu banyak plak di arteri jantung otomatis bisa memicu serangan jantung.

Lain halnya dengan HDL yakni kolesterol baik yang membantu menghilangkan LDL dari darah. Sementara trigliserida berasal dari kalori yang masuk ke dalam tubuh, tetapi tidak terbakar. Trigliserida disimpan dalam sel lemak.

Mereka dilepaskan sebagai energi saat seseorang membutuhkannya. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsi kalori, bisa terjadi penumpukan trigliserida.

Perlu diketahui, kadar LDL dan trigliserida yang tinggi membuat risiko terkena serangan jantung dan stroke lebih tinggi. Kadar kolesterol HDL yang rendah terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

NEXT: Gejala dislipidemia



Simak Video "Kata Penjual soal Kuliner 'Nasi Minyak' Bebek Surabaya yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT