6 Cara Alami Membersihkan Lendir Paru-paru, Bisa Dicoba di Rumah

ADVERTISEMENT

6 Cara Alami Membersihkan Lendir Paru-paru, Bisa Dicoba di Rumah

Vidya Pinandhita - detikHealth
Selasa, 24 Jan 2023 06:30 WIB
lungs lung
Ilustrasi 6 cara alami membersihkan lendir di paru-paru. Foto: iStock
Jakarta -

Tak sedikit orang yang menjajal cara demi cara untuk membersihkan lendir di saluran pernapasan. Sebenarnya, lendir bekerja membentuk lapisan pelindung di bagian tubuh tertentu, bahkan ketika seseorang sehat. Lendir berfungsi menjaga area tertentu pada tubuh agar tidak mengering, sekaligus membantu bertahan melawan penyerang, termasuk virus dan bakteri.

Akan tetapi, infeksi, alergi, dan merokok dapat menyebabkan penumpukan lendir berlebih di dalam tubuh. Kondisi inilah yang biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman.

Tenang, ada sejumlah cara alami ala rumahan yang bisa dicoba untuk membersihkan lendir dari paru-paru. Dikutip dari Medical News Today, berikut penjelasannya:

1. Jaga kelembapan udara

Cara pertama untuk membersihkan lendir di paru-paru adalah dengan menjaga kelembapan udara ruangan. Pasalnya, udara kering dapat mengiritasi hidung dan tenggorokan dan memicu terbentuknya lebih banyak lendir sebagai pelumas.

Untuk menjaga kelembaban, cobalah gunakan pelembap kabut dingin ruangan di kamar tidur. Selain mencegah sakit tenggorokan, cara ini ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

2. Minum banyak air

Tubuh perlu tetap terhidrasi untuk menjaga agar lendir yang terbentuk tetap tipis dan tidak menumpuk. Saat sakit pilek, minumlah air putih dalam jumlah lebih banyak untuk mengencerkan lendir dan membantu mengeringkan sinus.

Orang dengan alergi musiman juga perlu memastikan kebutuhan air mineralnya senantiasa tercukupi untuk mengurangi penumpukan lendir dan hidung tersumbat.

3. Basuh wajah dan gunakan waslap hangat

Mengusapkan kain lap basah yang hangat pada wajah bisa membantu menenangkan sakit kepala berdenyut akibat sinus. Menghirup melalui kain lembab adalah cara cepat untuk mengembalikan kelembapan ke hidung dan tenggorokan sehingga lendir bisa diluruhkan.

4. Jangan menahan batuk

Batuk adalah cara alami tubuh untuk mengeluarkan sekresi dari paru-paru dan tenggorokan. Namun lantaran merasa tak nyaman imbas batuk berdahak, beberapa orang terbiasa menahan batuk.

Biasakan untuk tidak menahan batuk ketika sedang berdahak. Jika merasa tidak nyaman, konsumsilah sirup obat batuk seperlunya untuk mengobati gejala batuk.

5. Berkumur air garam

Air asin dapat menenangkan tenggorokan yang teriritasi dan dapat membantu membersihkan sisa lendir. Untuk membuang lendir pada tenggorokan, cobalah tambahkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan berkumur beberapa kali sehari.

6. Stop merokok!

Yap, cara satu ini wajib banget dilakukan untuk menghindari produksi lendir berlebih pada saluran pernapasan. Pasalnya, asap rokok baik dari konsumsi rokok aktif maupun paparan asap rokok pasif dapat menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak dahak dan lendir.



Simak Video "Perbandingan Paru-paru Pasien COVID-19 yang Divaksin dan Belum"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT