Viral Bayi Lahir dengan Mata Unik Disebut Mirip Alien, Inikah Penyebabnya?

ADVERTISEMENT

Viral Bayi Lahir dengan Mata Unik Disebut Mirip Alien, Inikah Penyebabnya?

Celine Kurnia - detikHealth
Selasa, 24 Jan 2023 20:30 WIB
Feet of new born baby under ultraviolet lamp in the incubator
Ilustrasi bayi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/praisaeng)
Jakarta -

Seorang bayi asal Malaysia, Muhammad Hud Akhtar Mohd Sukri lahir dengan kondisi mata yang unik. Ia memiliki bagian hitam mata yang sangat lebar. Ibu sang bayi, Siti Alicesha Zulku (Alice) kerap membagikan foto-foto anaknya di TikTok @alicesha_zulku. Namun, kenalan Alice yang justru menyamakan Akhtar seperti makhluk asing (alien) 'Jadoo' dalam film Bollywood Koi Mil Gaya.

"Kalau dia hanya sekali (mengejek) mungkin kita mampu terima. Bila sudah berkali-kali sampai dijadikan bahan candaan dan perbandingan saya tidak terima," tegas Alice.

Sejak saat itu, ia mulai mengambil banyak foto Akhtar dan membagikannya di TikTok. Ia mencurahkan dukungan dan kasih sayang kepada anaknya melalui caption foto-foto. Netizen pun turut memberi komentar positif bagi Akhtar.

"Liat nanti klo besar, matanya nggak ada yg bs ngalahin cantiknya," tulis akun @yoloinee1. Banyak netizen lain memuji kecantikan mata Akhtar.

Dikutip dari mStar, Alice bercerita awalnya tidak menyadari kondisi mata anaknya. Ketika dipakaikan baju, barulah Alice sadar Akhtar memiliki iris mata yang lebih besar sehingga bagian hitam hampir menutupi seluruh mata. Dokter meminta Akhtar dirawat di rumah sakit karena kondisi matanya tersebut dan kulit bayi tersebut juga berwarna kekuningan.

"Dokter bertanya pada saya kalau ada nggak adik-adik saya yang matanya seperti itu? Tapi tidak ada satu pun," ungkap Alice.

@alicesha_zulku mata adik paling cantik #unik #matabesar #anakibuayah ♬ Anakku Sayangku - Dato' Sri Siti Nurhaliza

Dikutip dari Cleveland Clinic, kondisi Akhtar mungkin disebabkan oleh sindrom Axenfeld-Rieger. Sindrom ini adalah kelainan genetik langka yang memengaruhi mata bayi. Sindrom Axenfeld-Rieger disebabkan oleh mutasi gen anak, umumnya FOXC1 dan PITX2 yang menyebabkan perubahan urutan DNA.

Berikut adalah gejala sindrom Axenfeld-Rieger:

  • Iris tipis atau kurang berkembang
  • Pupil (titik hitam mata) tidak terpusat di tengah
  • Masalah pada kornea
  • Komplikasi penyakit mata lain seperti glaukoma, katarak, mata juling.

Selain itu, sindrom ini juga memiliki kemiripan dengan aniridia, yaitu kondisi bayi yang lahir hanya memiliki sebagian atau tidak ada iris (bagian mata yang berwarna) sama sekali.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT