Saran Ahli Gizi Buat yang Hamil di Usia 35 Tahun Seperti Greysia Polii

ADVERTISEMENT

Saran Ahli Gizi Buat yang Hamil di Usia 35 Tahun Seperti Greysia Polii

Charina Elliani - detikHealth
Rabu, 25 Jan 2023 06:00 WIB
Momen Greysia Polii Pamer Hamil Anak Pertama Usai Pensiun Jadi Atlet
Greysia Polii mengumumkan kelahiran anak pertamanya. (Foto: YouTube/ Greysiapolii)
Jakarta -

Kabar baik datang dari dunia bulu tangkis Indonesia. Sang peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu baru saja mengungkapkan kabar kandungannya yang kini sudah memasuki 26 minggu atau sekitar 6,5 bulan.

Melalui akun Instagram pribadinya, ia mengaku diberkahi buah hati dua bulan setelah resmi pensiun sebagai atlet profesional di usianya yang kini telah menginjak 35 tahun.

Di usia yang seringkali dianggap tak lagi muda untuk kehamilan, terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil berusia 35 tahun ke atas.

Menurut dr Juwalita Surapsari, M Gizi, SpGK, dokter spesialis gizi klinik di RS Pondok Indah, tidak ada makanan atau hal spesifik yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil berusia 35 tahun ke atas. Namun, tetap penting untuk memperhatikan asupan nutrisi dan gizi selama masa kehamilan.

"Memang risiko untuk terjadi komplikasi selama kehamilan dan persalinan itu lebih tinggi dibandingkan ibu [hamil] di usia 20-30 tahun. Maka, sebaiknya ibu menjaga berat badannya," kata dr Juwalita, ketika ditemui detikcom di Jakarta Selatan, Selasa (24/1/2023).

"Artinya, berat badan tidak boleh naik berlebihan. Jadi hindari makanan-makanan yang memang mengandung gula-gula tambahan, jadi makanan yang manis-manis," sambungnya.

Selain itu, dr Juwalita juga menyoroti pentingnya memperhatikan asupan kalori selama masa kehamilan. Makanan yang diolah dengan menggunakan banyak lemak akan secara otomatis menambah jumlah kalori dalam makanan sehingga sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.

"Kalau peningkatan berat badan yang terlalu banyak pada sangat hamil, risiko yang paling kita khawatirkan adalah keracunan kehamilan. Yang biasanya kita bisa lihat adalah tekanan darahnya itu naik," jelasnya lebih lanjut.



Simak Video "Selamat! Greysia Polii Umumkan Hamil Anak Pertama"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT