Kata Menkes soal Kapan Vaksin COVID-19 Anak 6 Bulan-11 Tahun Bakal Didistribusikan

ADVERTISEMENT

Kata Menkes soal Kapan Vaksin COVID-19 Anak 6 Bulan-11 Tahun Bakal Didistribusikan

Hana Nushratu - detikHealth
Rabu, 25 Jan 2023 08:00 WIB
Menkes RI Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Suci Risanti Rahmadania/detikHealth)
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin angkat bicara soal kapan vaksin COVID-19 jenis Pfizer anak usia 6 bulan-11 tahun bakal didistribusikan. Menkes menyebut pihaknya saat ini masih terikat kontrak dengan Pfizer terkait vaksin. Akan tetapi, kontrak tersebut dikhususkan untuk vaksin dewasa.

"Vaksin anak, kita sekarang kan masih ada kontrak dengan Pfizer. Tapi kan, kontraknya kita ngapain kita penuhin vaksin yang dewasa? Karena vaksin dewasa kan sudah ada produksi dalam negeri," ujar Budi ditemui di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (24/1/2023).

Saat ini, Kemenkes mengupayakan agar kontrak tersebut agar bisa ditukar dengan vaksin anak. Jika berhasil, maka vaksin Pfizer anak bisa didistribusikan.

"Nah sekarang kita sedang dalam proses untuk bisa menukar kontraknya, sisanya nih, masih ada sisa sedikit," kata Budi.

Vaksin COVID-19 Anak Bakal Berbayar?

Sebelumnya, ramai dibicarakan bahwa vaksin Pfizer anak usia 6 bulan-11 tahun berbayar dan tidak ditanggung pemerintah. Terkait hal tersebut, Budi menegaskan kalau vaksin anak nantinya akan diberikan secara gratis.

"Dan sekarang adanya vaksin yang sudah bisa turun ke bawah, otomatis pemerintah akan melakukan dan anggarannya cukup kok. Kita ada anggarannya untuk bisa melakukan vaksinasi anak secara gratis. Nanti segera akan kita proses untuk vaksinasi anak secara gratis," ucapnya dalam konferensi pers, beberapa waktu lalu.



Simak Video "Kemenkes Sebut Vaksin Pfizer untuk Anak Berbayar"
[Gambas:Video 20detik]
(hnu/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT