Waspadai Tanda Kanker Serviks Sudah Menyebar ke Organ Lain

ADVERTISEMENT

Waspadai Tanda Kanker Serviks Sudah Menyebar ke Organ Lain

Fadilla Namira - detikHealth
Kamis, 26 Jan 2023 07:30 WIB
Female reproductive system made of paper and hands isolated on blue background
Ilustrasi kanker serviks. (Foto: Getty Images/iStockphoto/pepifoto)
Jakarta -

Kanker serviks umumnya tidak menimbulkan gejala spesifik hingga di tahap akhir. Jika dirasa tanda kanker serviks sudah menyebar, seseorang akan merasa lemah dan sakit di seluruh badan.

Global Burden of Cancer Study (Globocan) 2020 mencatat kanker serviks jadi kasus terbanyak kedua di Indonesia. Ahli medis belum bisa memastikan apa penyebab dari penyakit berbahaya ini. Namun yang pasti, sejumlah faktor risiko dipercaya meningkatkan pertumbuhan sel kanker, misalnya merokok, sistem imun tubuh lemah, pengidap Penyakit Menular Seksual (PMS), dan penggunaan alat kontrasepsi.

Dalam progresivitasnya, kanker serviks terbagi menjadi empat tahap (stadium). Semakin besar angkanya, tingkat keparahannya juga kian tinggi. Berikut keempat tahapan tersebut:

  • Tahap 1: Sel kanker tumbuh di permukaan leher rahim dan mungkin menjalar kelenjar getah bening di dekatnya
  • Tahap 2: Sel kanker mulai berkembang dan memenuhi sisi leher rahim dan rahim.
  • Tahap 3: Sel kanker mulai menjalar ke dinding panggul hingga saluran kencing.
  • Tahap 4: Kanker mulai keluar dari bagian panggul menuju kandung kemih atau rektum dan meluas area lain secara masif.

Kanker stadium empat disebut juga dengan metastasis. Pada stadium tersebut, sel kanker akan menyebar ke organ lain, bahkan jauh dari vagina, termasuk hati dan kelenjar getah bening. Jika sudah begitu, pengidapnya mulai merasakan gejala parah yang tidak ada hubungannya dengan vagina.

Tanda Kanker Serviks Sudah Menyebar

Kemunculan gejala kanker stadium lanjut bergantung pada letak di mana sel tersebut mulai menjalar. Tempat paling umum penyebaran kanker serviks adalah kelenjar getah bening, hati, paru-paru dan tulang.

1. Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem imunitas tubuh yang menyimpan cairan guna melawan infeksi. Gejala paling umum yang terjadi saat kanker menyebar ke kelenjar getah bening adalah benjolan keras atau bengkak.

Sel-sel kanker juga dapat menghentikan aliran cairan getah bening keluar. Akibatnya, kaki mengalami pembengkakan karena penumpukan cairan. Pembengkakan itu disebut limfedema.

2. Hati

Selain ginjal, hati (liver) merupakan organ penyaring racun dalam tubuh. Jika organ tersebut sudah terkontaminasi oleh sel kanker, gejalanya bisa sangat parah, seperti:

  • Sakit perut di sebelah kanan
  • Gampang capek dan sakit
  • Nafsu makan yang buruk dan penurunan berat badan
  • Perut bengkak (asites)
  • Kulit menguning (jaundice) atau gatal

3. Paru-paru

Berikut adalah gejala-gejala jika kanker telah menyebar ke paru-paru:

  • Batuk tidak kunjung sembuh (seringkali memburuk di malam hari)
  • Sesak napas
  • Nyeri dada
  • Batuk darah
  • Penumpukan cairan di rongga dada dan paru-paru (efusi pleura)

4. Tulang

Sel kanker ganas tidak menutup kemungkinan dapat menyebar ke tulang di sekitar panggul. Kurangnya pendeteksian dini menyebabkan gejala ini kerap diabaikan oleh pengidapnya.

Gejala yang paling umum jika kanker telah menyebar ke tulang adalah nyeri tulang yang menusuk. Kebanyakan kondisinya bisa memburuk di malam hari. Biasanya ada sebagian besar waktu dan membangunkan Anda di malam hari. Selain itu, struktur tulang menjadi lebih lemah sehingga meningkatkan risiko patah tulang.

Sebelum tanda kanker serviks sudah menyebar, pengidapnya akan merasakan gejala sistemik, seperti merasa tidak enak badan, sakit perut yang luar biasa, kembung, sembelit, dan muntah dalam jumlah besar. Karenanya, dokter menyarankan kepada setiap wanita untuk rutin mengikuti tes pap smear setidaknya tiga tahun sekali.



Simak Video "Kenali Gejala Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT