Apa Itu Biopsi? Dijalani Nunung usai Divonis Idap Kanker Payudara

ADVERTISEMENT

Apa Itu Biopsi? Dijalani Nunung usai Divonis Idap Kanker Payudara

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jumat, 03 Feb 2023 10:30 WIB
Tri Retno Prayudati alias Nunung Srimulat
Nunung Srimulat. (Foto: Screenshoot 20detik)
Jakarta -

Komedian Nunung Srimulat saat ini tengah menunggu hasil biopsi seusai didiagnosis kanker payudara. Biopsi ini dilakukan untuk melihat kondisi tumor atau kanker yang diidapnya.

"Sakit sih sudah mulai kerasa sakit banget apalagi habis di biopsi kemarin sakitnya minta ampun. Kan dibiopsi disuntik tengahnya 3 kali kan, disuntik untuk bius lokalnya itu, aku disuntik itu aku langsung wah teriak-teriak sejadi-jadinya disuntik," ungkap Nunung saat ditemui di Trans TV, Kamis (2/2).

Spesialis kanker dr Walta Gautama, SpB(Onk) dari RS Kanker Dharmais dalam buku Kenali dan Hadapi Kanker Payudara menyebut biopsi adalah pengambilan sampel jaringan yang akan diperiksa oleh dokter ahli patologi anatomi. Jaringan kemudian akan dilihat di bawah mikroskop sehingga dapat ditentukan ada tidaknya sel kanker.

Ada tiga cara umum biopsi yakni:

Biopsi jarum halus

Biopsi ini menggunakan jarum sebesar jarum suntik biasa untuk mengambil jaringan halus di area tumor. Bila tumor tidak mudah diraba maka biospi jarum dapat dilakukan dengan panduan USG atau mamografi.

Core Biopsy

Core biopsy sangat mirip dengan biopsi jarum halus tapi menggunakan jarum yang lebih besar. Dengan bius lokal, dibuat irisan kecil di kulit payudara dan sedikit jaringan payudara diambil.

Biopsi bedah

Bila seluruh pemeriksaan tidak menghasilkan diagnosis pasti kanker, maka pasien akan dirujuk ke dokter bedah untuk menjalani biopsi bedah. Untuk tumor yang berukuran kecil, biopsi bedah dilakukan sekaligus mengangkat tumor seluruhnya.

Next: Ciri-ciri kanker payudara



Simak Video "Hasil Biopsi Nunung: Kanker Payudara Stadium 2"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT