8 Cara Mengatasi Pilek Secara Alami dengan Mudah dan Cepat

ADVERTISEMENT

8 Cara Mengatasi Pilek Secara Alami dengan Mudah dan Cepat

Maura Rosita Hafizha - detikHealth
Jumat, 17 Mar 2023 18:36 WIB
7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah
Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasiistock
Jakarta -

Pilek merupakan masalah kesehatan yang menyerang saluran pernapasan. Ada beberapa cara mengatasi pilek dengan ampuh, salah satunya yaitu mengkonsumsi obat pereda pilek.

Seperti penyakit lain, pilek dapat bertambah parah jika tidak langsung diatasi. Infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan ini menyebabkan hidung tersumbat atau meler, batuk, demam, pusing, dan juga sakit tenggorokan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi pilek secara alami tanpa harus minum obat? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mengatasi Pilek Tanpa Obat

Gejala pilek dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena hidung yang mampet atau meler secara berlebihan. Beberapa pengobatan dapat meringankan gejala pilek, tetapi ada cara alami mengobati pilek untuk kamu yang tidak bisa mengkonsumsi pengobatan medis.

Berikut beberapa pengobatan herbal yang bisa kamu coba di rumah untuk meredakan pilek.

1. Minum Air Putih dengan Cukup

Dilansir dari situs WebMD, pilek bisa membuat kamu dehidrasi, terutama jika ditambah dengan muntah atau diare. Jadi, pastikan untuk minum air putih dengan banyak agar lendir di hidung mudah keluar dari tubuh.

Jauhi minuman beralkohol dan minuman yang mengandung kafein. Sebab, dua-duanya dapat memperburuk flu.

2. Konsumsi Sup Hangat

Cara mengatasi pilek yang kedua yaitu dengan mengkonsumsi sup. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sup ayam dapat membantu mengatasi gejala infeksi saluran pernapasan.

3. Berendam dengan Minyak Esensial

Dikutip dari buku 50 Rahasia Alami Meringankan Gejala Batuk-Pilek oleh Raje Airey, minyak esensial memiliki khasiat ganda jika digunakan untuk berendam. Kulit akan menyerap minyak menuju peredaran darah, dan aromanya memberikan khasiat untuk mengatasi pilek.

4. Kompres Hangat Hidung dan Dahi

Kompres hangat dipercaya dapat meringankan gejala pilek yang tak kunjung sembuh. Caranya, mulailah rendam handuk dalam air hangat, peras, kemudian letakkan di atas hidung dan dahi kamu.

Lakukan hal ini setiap hari agar pilek yang kamu rasakan berkurang.

5. Tidur yang Cukup

Tidur memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama orang-orang yang sedang mengalami pilek. Jaga pola tidur kamu agar bisa pulih kembali.

6. Konsumsi Asupan Zinc

Dikutip dari Healthline, cara mengatasi pilek berikutnya yakni dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zinc. Makanan yang tinggi mengandung zinc contohnya, daging sapi, kerang, kacang-kacangan, susu, dan telur.

7. Minum Teh Herbal

Teh herbal memiliki sifat antivirus dan antibakteri alami sebagai penangkal pilek. Minuman herbal juga dapat menenangkan tenggorokan kamu yang sedang gatal atau sakit.

8. Minum Madu

Cara mengatasi pilek yang terakhir yaitu dengan mengkonsumsi madu secara langsung. Kamu juga bisa mencampurkannya ke makanan jika tidak terlalu menyukai madu.

Gejala-gejala Pilek

Setelah mengetahui cara mengatasi pilek, mari memahami gejala-gejalanya. Tanda-tanda pilek yang bisa kamu rasakan, termasuk:

  • Demam.
  • Panas dingin.
  • Sakit Kepala.
  • Ngilu-ngilu pada badan.
  • Hidung meler atau tersumbat.
  • Batuk kering.
  • Kelelahan.

Cara Mencegah Pilek

Dimuat dari laman Centers for Disease Control and Prevention, cara terbaik untuk mengurangi risiko flu salah satunya dengan mendapatkan vaksin influenza secara berkala, terapkan kebiasaan yang sehat, menutup mulut saat batuk, dan sering mencuci tangan agar menghentikan penyebaran kuman.

Adapun hal-hal lain yang harus kamu hindari, seperti:

  • Hindari kontak jarak dekat dengan orang yang sedang sakit.
  • Tetap di rumah saat kamu merasakan gejala-gejala pilek.
  • Tutup mulut dan hidung kamu dengan tisu saat batuk atau bersin.
  • Selalu cuci tangan dengan sabun.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan.
  • Lakukan pola hidup sehat.
  • Olahraga secara teratur.
  • Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering disentuh di tempat-tempat yang kerap kamu kunjungi.

Ketika terkena pilek, kamu bisa menerapkan cara-cara di atas agar dapat mengatasi pilek yang kamu rasakan. Jika pengobatan secara alami tidak memberikan efek yang ampuh, maka sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter.



Simak Video "Merayakan Hari Kesehatan dengan Zumba Bersama Vegeta Hari Kesehatan Makin Sehat dengan Vegeta Zumba Day"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT