Minggu, 13 Jun 2021 13:07 WIB

Video 20Detik

Paparan Menkes Budi soal Terdeteksinya Varian Corona India di Kudus

detikTV - detikHealth
Jakarta -

Menkes Budi Gunadi Sadikin turut mengonfirmasi bahwa ledakan COVID-19 di Kudus turut dipengaruhi oleh varian Corona India B1617. Dalam pemaparannya hari ini, Minggu (13/06), Menkes Budi menyebut penularan varian baru tersebut disebabkan oleh banyaknya pekerja migran Indonesia yang pulang dan juga aktivitas di kawasan pelabuhan laut.

"Hasilnya baru keluar sekitar 2 hari yang lalu, bahwa memang yang di area Kudus adalah varian baru yang datang dari India," ujar Menkes Budi dalam acara webinar IDI Jawa Tengah. "Kudus, Jepara, Rembang, Grobogan Pati, itu kita lihat ada kenaikan. Dan memang sudah terkonfirmasi itu adalah varian baru yang kita amati masuknya banyak dari pekerja migran Indonesia, juga ada banyaknya melalui pelabuhan-pelabuhan laut."

Budi pun mengatakan bahwa saat ini, peningkatan kasus COVID-19 terlihat di beberapa provinsi. Penyebabnya bukan hanya soal kemunculan varian baru, tetapi juga euforia pasca-vaksinasi yang membuat lengah.

"Saya juga ingin sampaikan bahwa memang kondisi beberapa provinsi, beberapa daerah di Jawa Tengah, beberapa daerah di Indonesia, sekarang mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari kasus COVID-19 ini. Sehingga mencapai titik di mana cukup mengkhawatirkan. Penyebabnya karena kemarin pada saat liburan, rakyat kita mungkin sebagian besar sudah euforia karena sudah mulai vaksinasi. Yang kedua juga masuknya strain baru yang penularannya cepat sekali, sehingga kita mulai melihat ada kenaikan yang signifikan di beberapa daerah," tambahnya.

(/)