Selasa, 31 Agu 2021 08:46 WIB

Video 20Detik

India Alami Kenaikan Covid-19 Lagi, Menkes Imbau 'Eling lan Waspodo'

detikTV - detikHealth
Jakarta -

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan pesan dari Presiden agar masyarakat tetap berhati-hati di masa penurunan kasus Covid-19 di Tanah Air. Menkes juga menyinggung saat ini India mengalami kenaikan kasus Covid-19 kembali disebabkan upacara keagamaan.

"Setiap kali ada hari raya besar, itu akan men-trigger pergerakan sosial yang besar, kerumunan sosial yang besar sehingga pasti terjadi lonjakan. Pengalaman kita di Januari karena Nataru, lonjakan kita di Juli karena Idul Fitri. Pengalaman di India lonjakan pertama juga karena ada upacara keagamaan, kemarin juga ada lagi di daerah Kerala, India, naik lagi upacara keagamaan, berkaitan dengan mulainya musim panen. Kita lihat juga di Bali kemarin sudah vaksinasi tinggi, naik lagi karena memang Juli-Agustus adalah saat-saat di mana teman-teman di Bali melakukan upacara keagamaan. Jadi penting sekali protokol kesehatan itu diimplementasikan di aktivitas keagamaan," papar Menkes Budi.

Imbauan ini seiring dengan varian Delta yang kian mengganas di berbagai negara. Termasuk negara yang cakupan vaksinasinya sudah mendekati, bahkan di atas 50 persen.

"Jadi di negara-negara lain di dunia, varian Delta ini menyebabkan kenaikan yang cukup tinggi. Baik dari kasus konfirmasi dan juga perawatan, dan kematian. Bahkan buat negara-negara dengan coverage vaksinasi lengkap yang mendekati 50%, bahkan di atas 50%. Ini memberikan pesan ke kita bahwa walaupun kita sudah turun, dan vaksinasi kita sudah mulai berjalan lancar, tapi kita tetap harus hati-hati dan harus tetap waspada. Seperti yang disampaikan Bapak Presiden. Kita juga belajar dari sejarah sebelum-sebelumya, bahwa lonjakan kasus yang terjadi di awal Januari dan di Juli tahun ini semuanya disebabkan karena peningkatan mobilitas yang luar biasa. Yang selalu diikuti seminggu atau dua minggu sesudahnya dengan kenaikan jumlah kasus yang nanti akan sampai di puncak dalam 4-8 minggu. Jadi pelajaran kedua yang didapatkan di sini adalah kita harus eling lan waspodo (ingat dan waspada). Begitu sudah turun jangan grusah grusuh (terburu-buru), kemudian mengendorkan semuanya sehingga akibatnya naik lagi mobilitasnya dan kita alami lagi kenaikan lonjakan gelombang berikutnya. Jadi ini pesan kedua juga yang kita mesti sadari," tambahnya.

(moa/dis)