Selasa, 11 Jan 2022 18:51 WIB

Video 20Detik

Yuk Simak! Kombinasi Vaksin Booster Versi Kemenkes

detikTV, Tim 20Detik - detikHealth
Jakarta -

Pemerintah akan memberikan vaksinasi booster secara gratis kepada rakyat Indonesia mulai Rabu (12/1) dengan mempertimbangkan stok vaksin dan juga hasil riset para peneliti. Berikut daftar kombinasi dosis vaksinasi booster rekomendasi Kemenkes.

"Yang pertama untuk vaksin primer Sinovac atau vaksin 1 dan 2 Sinovac kita akan berikan vaksin boosternya 1/2 dosis Pfizer. Kedua adalah untuk vaksin primer Sinovac, vaksin 1 dan 2 Sinovac akan kita berikan booster 1/2 dosis AstraZeneca. Alternatif ketiga untuk vaksin primer AstraZeneca 2x dosis AstraZeneca kita akan berikan vaksin boosternya 1/2 dosis Moderna," jelas Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers hari ini, Selasa (11/1).

Budi pun menegaskan kombinasi vaksinasi booster tersebut sudah berdasarkan pada rekomendasi Badan POM (BPOM) dan ITAGI.

"Kombinasi vaksinasi booster yang diberikan mulai 12 Januari yang nantinya mungkin akan bisa bertambah jenis kombinasinya tapi akan dimulai di tanggal 12 besok sesuai dengan pertimbangan tadi kesiapan dari vaksin yang ada dan juga hasil riset dari peneliti-peneliti dalam negeri dan luar negeri yang sudah dikonfirmasi oleh Badan POM dan ITAGI," papar Menkes Budi.

(/)