Selasa, 18 Jan 2022 21:26 WIB

Video 20Detik

Menkes Ungkap Ada Total 1 Juta Lebih Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa

detikTV, dtv - detikHealth
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia mendapat banyak vaksin donasi dari berbagai negara maju. Namun sayangnya, banyak vaksin tersebut kedaluwarsa ketika di Indonesia.

Total vaksin donasi yang kedaluwarsa pun jumlahnya lebih dari 1 juta dosis. Kebanyakan vaksin tersebut adalah AstraZeneca, Pfizer, dan Moderna.

"Jadi vaksin expired kita sampai bulan Desember itu ada 1,121 juta dosis, Bapak-Ibu. Dari 1,121 juta dosis ini, 1,1 juta dosisnya adalah vaksin donasi gratis. Jadi 98 persen dari donasi gratis," kata Menkes saat rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI.

Menkes juga menjelaskan alasan Indonesia tetap menerima vaksin donasi tersebut meski mengetahui expiry date vaksin hanya 1-3 bulan dari yang diberikan. "Jadi mereka belinya banyak disimpan di mereka, begitu mereka suntik ternyata banyak sisa juga. Itu yang menyebabkan kenapa akhir tahun tiba-tiba banyak yang dikirim ke kita, dan saya posisi kita ambil saja, namanya gratis. Itu expiry date-nya berkisar antara 1-3 bulan, jadi kita mesti cepat suntik, itu sebabnya kenapa banyak yang kena kemarin 1,1 juta dosis," terangnya.

"Berdasarkan pengalaman itu, sekarang agak milih, kalau bisa at least 3 bulan. Tapi image Indonesia sebagai negara yang vaksinasinya cepat, itu jadi kalau ada negara maju yang sudah tinggal 1-2 bulan (expiry date) lagi itu ditawarkannya ke Indonesia. Selama ini posisi kita, kita usahakan ambil karena biar gimana kan itu vaksin gratis dan itu adalah vaksin-vaksin bagus yang kita bisa berikan ke rakyat kita," tutup Menkes Budi Gunadi Sadikin.

(/)