Senin, 28 Mar 2022 18:09 WIB

Video 20Detik

Menkes Bakal Turun Tangan Gelar Mediasi IDI dengan Terawan

detikTV, dtv - detikHealth
Jakarta -

Polemik pemecatan dokter Terawan dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) turut disoroti Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

"Kami mengamati dinamika seputar perdebatan atau pertentangan antara Ikatan Dokter Indonesia dengan dokter Terawan. Kami memahami bahwa masing-masing organisasi profesi memiliki anggaran dasar dan anggaran rumah tangga masing-masing, dan juga memiliki anggotanya masing-masing yang mereka perlu atur. Saya juga memahami bahwa UU praktik kedokteran nomor 29 tahun 2004 telah memberikan amanahnya besar pada Ikatan Dokter Indonesia IDI sebagai salah satu organisasi profesi untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap anggotanya," kata Budi.

Keputusan pemecatan itu disampaikan dalam Muktamar ke-31 IDI yang digelar di Aceh ini berdasarkan keputusan Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK). Terawan kini pun tidak diizinkan melakukan praktik kedokteran.

Menkes pun akan turun tangan. Ia akan memberikan mediasi kepada pihak dokter Terawan dengan IDI.
Hal tersebut bertujuan agar fokus organisasi kembali pada transisi pandemi ke endemi Covid-19.

"Kementerian Kesehatan akan memulai dan membantu proses mediasi antara IDI dan anggota-anggotanya agar komunikasinya baik sehingga situasi yang terbangun akan kondusif, dan kita bisa kembali menyalurkan energi waktu kita, dedikasi kita kegiatan-kegiatan yang memprioritaskan untuk membangun masyarakat Indonesia yang lebih sehat," pungkasnya.

(/)