Senin, 09 Mei 2022 17:52 WIB

Video 20Detik

Menkes Ungkap Hepatitis Misterius di Indonesia Ada 15 Kasus

detikTV, dtv - detikHealth
Jakarta -

Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan update terkait hepatitis akut misterius di Indonesia. Saat ini, sudah terdeteksi 15 kasus hepatitis tersebut di Indonesia.

"30 April, Singapura mengumumkan kasus yang pertama dan sampai sekarang kondisinya di Indonesia ada 15 kasus," ungkap Menkes Budi Gunadi Sadikin di siaran langsung di YouTube Sekretariat Presiden.

Menkes Budi pun mengungkapkan, Indonesia tengah bekerja sama dengan Amerika Serikat dan Inggris untuk meneliti penyebab hepatitis akut misterius ini lebih lanjut.

"Di dunia paling besar ada di Inggris 115 kasus, kemudian Italia, Spanyol, dan juga Amerika Serikat. Kami sendiri sudah melakukan koordinasi dan diskusi dengan teman-teman CDC Amerika dan CDC nya Inggris sehari sesudah Lebaran," katanya.

"Kami sudah mendapatkan banyak informasi dari mereka, memang kesimpulannya belum dapat dipastikan virus apa yang 100 persen menyebabkan hepatitis akut ini. Sekarang penelitian sedang dilakukan bersama-sama oleh Indonesia bekerjasama dengan WHO dan juga kita bekerjasama dengan Amerika dan Inggris untuk bisa mendeteksi secara cepat penyebab penyakit ini apa," pungkas Budi.

Budi melihat ada kemungkinan Adenovirus strains 41 pada kasus tersebut. "Kemungkinan besar adalah Adenovirus strains 41 tapi ada juga kasus yang tidak ada Adenovirus strains 41 ini. Jadi kita masih melakukan penelitian bersama-sama dengan Inggris dan Amerika penyebabnya apa," tutupnya.

(/)