Selasa, 10 Mei 2022 18:39 WIB

Video 20Detik

Pernyataan Satgas Sebut Indonesia Sudah Transisi ke Endemi Covid-19

detikTV, dtv - detikHealth
Jakarta -

Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, mengatakan kondisi Indonesia saat ini telah transisi ke endemi Covid-19.

Satgas mengatakan hal itu melihat adanya penurunan angka kasus, perawatan, hingga kematian akibat Covid-19 di Indonesia. Indonesia disebut sudah tidak lagi berada dalam kondisi kedaruratan dalam respons pandemi Covid-19.

"Sebagaimana yang tertera pada data Covid-19 terkini, nampak adanya penurunan angka kasus, perawatan di rumah sakit termasuk layanan intensif, dan kematian.
Bisa dikatakan bahwa saat ini, Indonesia sudah tidak lagi berada dalam kondisi kedaruratan dalam respons pandemi Covid-19 dan mulai bertransisi menuju fase endemi," kata Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, pada siaran langsung di YouTube PNBN Indonesia.

"Hal ini tercermin pada mulai menurunnya besar efek Covid-19 terhadap perilaku sosial dan ekonomi masyarakat. Misalnya pertumbuhan ekonomi meningkat, angka pengangguran menurun, indeksi belanja yang meningkat dan mobilitas masyarakat keluar rumah," pungkasnya.

(/)