Minggu, 15 Mei 2022 19:27 WIB

Video 20Detik

Kemenkes Sebut Hepatitis Akut Misterius Bisa Menyebar Lewat Udara

detikTV, dtv - detikHealth
Jakarta -

Kementerian Kesehatan menduga penularan penyakit hepatitis akut misterius salah satunya melalui udara. Hal ini merujuk pada beberapa temuan adanya Adenovirus pada pasien yang terkena penyakit tersebut.

"Kita tahu penularan dari pada hepatitis akut berat ini diperkirakan dengan dua cara yaitu melalui udara atau airbourne karena ada kecurigaan dengan adanya virus yang kita sebut sebagai adenovirus kemudian virus hepatitis sendiri ya sebagian besar menyebar menularkan melalui makanan fecal oral," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, kepada detikcom.

Untuk mencegah penularannya, masyarakat diharapkan selalu memastikan asupan yang dikonsumsi dalam kondisi yang higienis dan memperhatikan kebersihan tangan. Kemenkes juga mengingatkan agar masyarakat untuk tidak lupa menggunakan masker karena melihat kondisi Covid-19 di Indonesia saat ini belum hilang 100 persen.

"Tentunya menerapkan hygene dan sanitasi personal dan cuci tangan menggunakan alat makan yang terpisah itu yang harus dipastikan orang tua terhadap anak-anaknya. Kedua adalah menggunakan masker ini juga tetap penting sebagaimana kita tahu pandemi Covid-19 belum berakhir," pungkasnya.

(/)