Senin, 24 Mar 2014 14:01 WIB

Diet Experience

Serius Jalani Diet OCD Selama 2 Bulan, Bobot Imam Turun 15 Kg

feed
Dikirim Oleh
Before Before Before After
Yogyakarta - Beberapa kali menimbulkan perdebatan di kalangan ahli gizi, Obsessive Corbuzier's Diet atau yang lebih sering disebut sebagai diet OCD ala Deddy Corbuzier justru berhasil membuat bobot Imam Agung Baskoro (18) turun sebanyak 15 kg dalam 2 bulan saja. Seperti apa kisahnya?

Kepada detikHealth, pria yang bertempat tinggal di Sleman, Yogyakarta, ini membagi kisahnya saat menjalani diet OCD, seperti ditulis pada Senin (24/3/2014):

Sejak kecil saya memang telah berbadan gemuk. Pada saat duduk di bangku kelas 5 SD, berat badan saya mencapai 55 kg. Padahal waktu itu saya makan dengan porsi yang normal 3 kali sehari dan saya juga sering berolahraga dengan teman-teman saya di sekolah.

Karena badan saya yang gemuk itu, saya sering dihina dan diejek oleh teman-teman saya di sekolah. Hal tersebut membuat saya tidak percaya diri melakukan aktivitas di depan umum.

Berbagai macam diet telah saya coba. Memang berat badan saya turun, tetapi hal itu tidak berlangsung lama karena berat badan saya naik kembali. Pada saat kelas 3 SMA, bobot tubuh saya sempat turun dari 90 kg menjadi 85 kg.

Penurunan itu terjadi karena padatnya aktivitas yang saya jalani untuk persiapan ujian akhir mengurangi jam makan saya, sehingga saya hanya makan 2 kali dalam sehari. Tetapi bobot tubuh saya tidak turun lagi, berat badan saya pun tetap di angka 85 kg.

Ketika saya memasuki perguruan tinggi, saya mulai mengetahui tentang konsep diet OCD. Walaupun metode diet ini mendapatkan kecaman dari berbagai pihak, tetapi saya tetap ingin mencobanya karena bosan dengan metode diet yang pernah saya jalani.

Hari pertama saya melakukan OCD saya mengambil waktu makan 6 jam. Selanjutnya saya memberanikan diri untuk makan sehari sekali pada jam 11 siang lebih, karena pada jam tersebut aktivitas saya sangat padat sehingga membutuhkan energi. Setelah itu saya hanya mengonsumsi air putih saja. Minimal 2 kali dalam seminggu saya menyempatkan diri untuk melakukan olahraga. Tidak ada pantangan makanan bagi saya, hanya saja saya makan dengan porsi yang normal.

Dampak dari OCD memang membuat saya sedikit lemas, tetapi karena niat saya dari awal sudah kuat maka lambat laun saya sudah mulai terbiasa. Program ini saya jalani selama kurang lebih 2 bulan, berat badan saya yang semula 85 kg, turun menjadi 70 kg.

Saya bangga dengan pencapaian saya tersebut. Setelah berat badan saya turun, saya memutuskan untuk kembali lagi ke pola hidup normal, tetapi dengan mengatur pola makan agar bobot tubuh saya tidak naik kembali.



(vta/vit)