Senin, 07 Apr 2014 12:30 WIB

Diet Experience

Tak Ribet, Cara Ini Ampuh Bikin Helmy Susutkan Bobot 17 Kg di Usia 49 Tahun

feed
Dikirim Oleh
Before Before Before After
Jakarta - Banyak orang beranggapan untuk menurunkan berat badan harus melakukan diet yang ketat dan menyiksa. Padahal hanya dengan mengubah pola hidup menjadi lebih baik, Anda bisa mencapai berat badan ideal, seperti yang dilakukan oleh Helmy Hananto (49).

Kepada detikHealth, pria kelahiran 26 Agustus 1964 ini menceritakan perubahan pola hidup yang ia lakukan hingga berhasil membuat bobot yang tadinya 89 kg menjadi 72 kg, seperti ditulis pada Senin (7/4/2014):

Memasuki usia setengah abad, masalah berat badan memang makin menjadi perhatian saya. Berita di berbagai media massa banyak yang menceritakan berbagai penyakit mematikan yang timbul akibat kegemukan.

Untuk menjadi langsing ternyata kita tidak perlu memusuhi makanan. Kita bisa mengubah kebiasaan hidup menjadi lebih baik untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Perubahan pertama adalah saya makan ketika lapar. Ketika lapar fisik muncul maka saya membiasakan untuk segera makan, pada jam berapa pun. Menahan lapar fisik hanya membuat saya semakin kalap ketika makan. Untuk melatih perbedaan antara lapar fisik dengan lapar emosi, minumlah air putih. Seringkali kita mengira lapar, tapi ternyata sebenarnya kita sedang haus.

Perubahan kedua adalah saya makan apa yang diinginkan. Jika kita makan sesuatu yang diinginkan, maka timbul perasaan puas yang lebih lama dan menghilangkan obsesi akan makanan. Tentu saja semua dilakukan dalam porsi yang wajar.

Perubahan ketiga adalah saya makan dengan penuh kesadaran. Ketika mengunyah, saya lakukan dengan menikmati rasa, tekstur dan suhu makanan yang dikunyah. Dengan demikian maka tempo kita mengunyah akan menjadi perlahan, sehingga rasa lapar akan hilang lebih cepat. Terakhir, saya berlatih untuk berhenti makan ketika rasa lapar sudah hilang dan bukan ketika perut sudah kenyang menendang.

Olahraga sebenarnya tidak perlu dilakukan dengan biaya spesial, seragam atau peralatan khusus. Sebagai orang kantoran yang sibuk, saya hanya membiasakan bangun satu jam lebih awal untuk berjalan kaki pada pagi hari.

Saat berada di kantor saya menggunakan tangga dan mengurangi penggunaan lift, serta berjalan kaki ketika makan siang. Pada hari libur saya mencuci mobil yang dulu hanya dilakukan asisten rumah tangga. Biasanya dalam sehari saya menghabiskan sekitar sepuluh 10 ribu langkah atau kira-kira 6-7 km.

Saya masih ingat pada bulan September 2013 lalu timbangan saya hampir mencapai 90 kg dengan tinggi badan 167 cm. Pada November 2013 lalu 85 kg lalu pada pertengahan Januari 2014 menjadi 76 kg. Setelah enam bulan sejak September 2013, saat ini berat badan saya 72 kg. Saya masih dalam proses menuju timbangan ideal di angka 67 kg dengan proses alami yang menyenangkan.



(ajg/vit)
News Feed