Kamis, 05 Jan 2017 15:32 WIB

Diet Experience

Dari Bobot 138 Kg Jadi 98 Kg, Begini Diet yang Dijalani Lukas

feed
Dikirim Oleh
Lukas Agustino Sanjaya
Foto: Dokumentasi pribadi Before Foto: Dok. pribadi After
Jakarta - Bertubuh gemuk sejak kecil tak membuat Lukas Agustino Sanjaya malas-malasan untuk hidup sehat. Di usianya yang menginjak 27 tahun, ia justru mampu menerapkan pola makan sehat hingga bobotnya berhasil turun sebanyak 40 kg.

Ya, dari semula 138 kg kini pria dengan tinggi badan 180 cm tersebut bisa tampil lebih percaya diri dengan berat badan 98 kg. Ingin tahu bagaimana trik diet Lukas? Berikut kisahnya, seperti ditulis detikHealth pada Kamis (5/1/2017):

Dari kecil saya memang sudah mengalami obesitas. Saya selalu makan menu-menu karbohidrat dalam porsi besar. Terutama bakmi, makanan ini adalah menu favorit saya.

Sampai akhirnya pada bulan Oktober 2015 saya memutuskan untuk berubah dan mengganti seluruh pola makan saya. Saya memulainya dengan mencoba menerapkan pola makan dua kali makan besar setiap hari.

Menunya yakni sayuran rebus, lauk pauk protein yang direbus atau dibakar, serta makan buah-buahan rendah gula juga. Tak lupa saya selalu memenuhi kebutuhan cairan saya dengan rutin minum air putih.

Selain mengubah pola makan, saya juga nge-gym dari hari Senin sampai Sabtu dengan mengikuti kelas kardio. Saya kombinasikan juga dengan latihan squat, yang saya rasakan mempunyai efek pembakaran lemak paling tinggi.

Akhirnya yang semula berat badan saya mencapai 138 kg, turun menjadi 98 kg. Tepatnya sudah turun sebanyak 40 kg. Selain berat yang turun, saya juga merasakan ada perubahan pada kehidupan saya sehari-hari. Saya tidak gampang lelah, mudah mencari ukuran pakaian dan penampilan saya menjadi lebih baik.

Saya tidak berhenti di titik ini, tetapi saya akan terus meraih hasil yang lebih baik lagi. Pesan saya, makanlah apa yang diperlukan tubuh, bukan yang diinginkan. Jangan lupa, berolahragalah seperti kita membutuhkan mandi.

Baca juga: Mulanya Berbobot 143 Kg, Begini Cara Zulfa Turunkan Berat Badan 43 Kg (ajg/vit)
News Feed