Jumat, 05 Jan 2018 15:04 WIB

Diet Experience

Ketemu Diet yang Cocok, Berat Badan Susilawati Turun 5 Kg dalam 5 Hari

feed
Dikirim Oleh
Susilawati
Foto: dok: Pribadi Before Foto: dok: Pribadi After
Jakarta - Bertahun-tahun, Susilawati hidup dengan berat badan berlebih. Bullying sudah menjadi bagian dari kehidupannya sehari-hari.

Bukan tidak ingin menurunkan berat badan, perempuan asal Jakarta ini sudah mencoba berbagai cara. Berbagai jenis diet telah dijalaninya, namun tidak pernah bisa bertahan lama.

Sampai satu ketika, ia nyaris putus asa. Baru-baru ini saja, ia menemukan jenis diet yang menurutnya cocok. Baru 5 hari menjalankannya, konon berat badannya sudah turun 5 kg. Bagaimana ceritanya? Susilawati menceritakannya di sini untuk pembaca detikHealth. Jangan lupa tinggalkan komentar jika menurutmu cerita ini cukup inspiratif dan layak diganjar voucher belanja dari detikcom.

Baca juga: Bagikan Pengalaman Diet Sehat Kamu, Dapatkan Hadiah Voucher Belanja

Kalau ditanya resolusi 2017 aku tuh apa?? Pasti aku jawab "KURUS".. Hmmmm sedih yaaa.. Oh iya berat aku 80kg dengan tinggi 160 dan otomatis aku tuh buntal, bulet, gembrot, gendut bla bla bla (orang manggil aku kayak gitu.. hehehe). Dengan senang hati aku cuman senyum dan tertawa... Padahal sedih banget kalau dipanggil dengan sebutan itu.. Hikshiks #Curhat

Usaha aku tahun 2017 untuk diet dan kurus GAGAL TOTAL. Segala macam jenis diet udah aku lakukan di tahun 2017, dari diet OCD, diet Mayo sampai aku minum obat-obatan, jamu-jamu untuk diet.

Turun sih berat badan aku tapi aku gak kuat dan gak bertahan lama, berat aku kembali lagi seperti semula.

Dan aku mulai lagi dengan makan makanan tidak sehat, ngemil, gak olahraga. Aku pasrah dengan keadaan aku. Aku terima nasib aja kalo aku gendut dan aku terima semua bully-an dari orang-orang. Hmmmm..

Dalam keadaan aku pasrah dengan kondisi dan keadaan aku, tepatnya akhir Desember tiba-tiba ada seorang teman kantor aku yang mengenalkan diet KETOFASTOSIS.

Ketofastosis merupakan gabungan dari ketogenic dan fastosis. Ketogenic merupakan sebuah pola makan rendah karbohidrat, tinggi lemak dan protein sedang. Sedangkan fastosis sendiri adalah fasting on ketosis yang artinya puasa dalam kondisi ketosis. Fastosis bukan sebuah pola makan tapi merupakan sebuah gaya hidup yang harus diaplikasikan seumur hidup.

Ketosis adalah kondisi dimana liver manusia memproduksi keton untuk digunakan sebagai bahan bakar fuel atau energi yang digunakan seluruh tubuh terutama otak. Ketosis terjadi ketika tubuh tidak lagi ada asupan karbohidrat (glukosa) sebagai sumber makanan untuk diproses menjadi energi.

Fastosis adalah usaha mengembalikan pola hidup manusia sebenarnya, yang menghasilkan pola makan yang diperlukan untuk mempertahankan kondisi metabolisme lemak yang optimal (ketosis).

Naaaaah tanggal 1 Januari, akhirnya aku benar-benar berkomitmen untuk melakukan diet keto. Aku jelaskan dengan bahasa aku yah.

Karena aku masih tahap awal jadi aku mulai dengan fase induksi. Aku menghilangkan karbohidrat dan gula dalam semua makanan aku. Aku gak makan nasi, gula, tepung, kecap, buah, sayur dan semua jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan gula.

Yang aku makan hanya segala jenis daging, ikan, keju, telur, santan dll.

Jam 20:00 aku harus berhenti makan. Dan aku harus puasa sampai siang jam 12, aku baru boleh makan makanan yg mengandung lemak dan protein. Selama proses puasa aku wajib minum VCO (Virgin Coconut Oil), air putih yang banyak dan teh hijau.

Ajaib dari diet ini adalah : aku gak lapar sama sekali, kenyang lebih lama, aku juga gak lemes seperti diet2 lainnya. Enaknya lagi boleh makan yang berlemak-lemak.

Aku mulai diet tanggal 1 Januari dan sekarang tanggal 5 Januari aku sudah Turun 5kg yeeeaaay! Aku cocok sekali jalanin diet ini... Diet gak bikin stres, gak mual-mual, gak lemes. Badan tetap segar, ringan dan pastinya lebih sehat..

So.. yang udah putus asa karena resolusi 2017 pengen kurus, pengen hidup sehat tapi gak kesampaian, kalian jangan pantang menyerah. Masih ada waktu di 2018 untuk kalian diet dan hidup sehat. Kuncinya hanya niat, komitmen, dan konsisten..

Yuk kita sama-sama jalanin hidup sehat, bonusnya langsing deeeh... Be healthy, eat well, live well.



(up/up)
News Feed