Selasa, 09 Jan 2018 09:03 WIB

Diet Experience

Pria Ini Targetkan Berat Badan Turun 8 kg dalam 3 Bulan

feed
Dikirim Oleh
Abisha Jehian Bio
Foto: dok: pribadi Before Foto: dok: pribadi After
Jakarta - Pengalaman pernah kurus membuat Abisha Jehian Bio yakin bisa menurunkan kembali berat badannya. Terlebih setelah ia sukses mengidentifikasi permasalahan yang dihadapinya.

Ketika kurus, ia sudah suka makan. Hanya saja, aktivitas fisiknya yang tinggi membuat berat badannya selalu terjaga. Kini ia mulai jarang bergerak sehingga mengalami obesitas ketika menerapkan pola makan yang sama.

Sedikitnya ada dua hal yang dilakukan pria asal DKI ini. Selain menyesuaikan kembali pola makannya, ia juga berkomitmen untuk kembali rajin berolahraga.

Sukseskah perjalanan diet Abisha? Berikut ini ia menceritakan pengalaman dietnya untuk pembaca detikHealth. Jangan lupa tinggalkan komentar jika menurutmu cerita ini cukup inspiratif.

Baca juga: Masih Ada Waktu! Ceritakan Pengalaman Dietmu, Raih Voucher Jutaan Rupiah

Dari kecil saya suka makan. Tetapi dengan aktivitas yang cukup tinggi, sampai saya SMA, berat tubuh saya stabil di angka 65 kg dan itupun termasuk kegemukan bagi lingkungan saya.

Saat saya melanjutkan ke perguruan tinggi dan bekerja, pola makan saya menjadi tidak teratur. Sering tidur larut malam dan tidak pernah berolah raga. Hal ini menyebabkan berat saya naik perlahan menjadi 78kg (obesitas).

Pola hidup saya membuat saya menjadi cepat lelah, sering pusing dan sering mengantuk pada saat bekerja.

Di Agustus 2017, saya mulai berkomitmen untuk hidup sehat dan target 70kg dalam 3 bulan. Hal ini saya lakukan tidak dalam sekejap, tetapi dengan perlahan-lahan agar tubuh tidak kaget. Pertama yang saya lakukan adalah tetap makan 3x tetapi mengurangi porsi (hal ini saya lakukan selama 1 minggu). Kedua saya mulai rutin jogging (tidak jalan) 5-6x dalam seminggu selama 30 menit.

Setelah tubuh saya menyesuaikan dengan aktivitas harian tersebut, saya lalu mengurangi makan besar menjadi 2x lalu 1x dan olahraga ditambah menjadi latihan otot.

Hal yang perlu diperhatikan dalam program saya adalah:

1. mengurangi gula dan garam,
2. tetap makan besar tetapi jaga asupan karbohidrat (jika bisa diganti nasi merah),
3. jaga asupan serat dan vitamin,
4. perbanyak minum air putih.

(up/up)
News Feed