Selasa, 09 Jan 2018 11:42 WIB

Diet Experience

Memanfaatkan Aplikasi untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

feed
Dikirim Oleh
Nicky Suwandi
Foto: dok: Pribadi Before Foto: dok: Pribadi After
Jakarta - Disiplin dan komitmen yang kuat adalah kunci diet yang sukses. Namun di samping itu, butuh berbagai alat bantu untuk memudahkan pencapaian target.

Ini yang dilakukan Nicky Suwandi, seorang pria di Banten. Perhitungan jumlah kalori masuk dan keluar, ia lakukan dengan bantuan teknologi. Dengan aplikasi kalkulator, ia jadi lebih mudah mengontrol asupan makannya.

Hanya dalam 4 bulan, ia berhasil memangkas berat badan dari 86 kg menjadi 66 kg. Berikut ini perjalanan diet Nicky yang dituliskannya sendiri untuk pembaca detikHealth.

Jangan lupa tinggalkan komentar jika menurutmu cerita ini cukup inspiratif dan layak mendapatkan voucher belanja dari detikcom.

Baca juga: Masih Ada Waktu! Ceritakan Pengalaman Dietmu, Raih Voucher Jutaan Rupiah

Sebelum kurus berat badan saya 86kg. Saya sudah menggunakan banyak cara untuk berusaha menurunkan berat badan ke berat ideal. Seperti minum obat pelansing, susu buat diet, sampai suplemen untuk diet, semua cara itu hanya membuat saya frustasi, karna efek dari obat/suplemen masing-masing mempunyai efek yang tidak enak ke badan (kadang jantung berdebar-debar, keringat dingin, sakit maag). Semua cara yang saya tempuh itu tidak membuahkan hasil sampai ada teman yang bilang itu karena faktor umur.

Setelah membaca banyak artikel mengenai diet, akhirnya saya menemukan sebuah artikel yang merubah cara diet hingga sukses turun 20kg dalam 4 bulan.

Artikel itu mengajarkan kalau diet itu tidak harus tahan lapar, ini bertentangan dengan cara diet saya sebelumnya.

Kuncinya tenyata sangat simple untuk diet sukses,antara lain:

1. Kalori seimbang
Kita hanya perlu mengurangin kalori yang masuk dengan kalori yang dibutuhkan tubuh. Tiap hari kita harus menurunkan jumlah kalori konsumsi sebanyak 500-600 dari kebutuhan tiap hari.

Kalau diet saya, pagi makan bebas terbatas (cari makanan yang protein tinggi), siang makan quaker oat, malam makan pisang atau buah.

Untuk mengetahui kebutuhan kalori tubuh kita menggunakan kalkulator TDEE (Total Daily Energy Expenditure).

Untuk menghitung kalori yg masuk memang agak repot, tapi bukan berarti tidak bisa. Biasanya saya menggunakan app Fatscret untuk mendata makanan yg saya makan dan jumlah kalori otomatis muncul melalui bantuan app tersebut.

2. Displin
Mau sukses diet, harus displin memilih makanan yang kita makan supaya asupan kalori kita sesuai target. Hindari tempat-tempat yang menimbulkan selera pingin makan dan bergaulah dengan sesama teman yang melakukan diet karna akan membuat kita tambah semangat berdiet.

3. Cheat day
Supaya diet tidak terasa bosan, kadang-kadang kita harus cheat juga dengan tubuh kita, makan bebas terbatas.

4. Olahraga
Tidak cukup kalau kita hanya kurangin konsumsi kalori kalau tidak dibantu dengan olahraga, karna kalau hanya diet makan maka akan memakan waktu yang sangat lama buat turunin kalori. Saya biasanya seminggu melakukan aktivitas olahraga joging 3-4x (30 - 90 menit), gym 1-2x (60-90 menit).

Diet tidak hanya kita lakukan untuk 3-4 bulan, jadi pilih cara diet yang enak, aman dan pas untuk badan kita, karna kesehatan lebih penting dari sekedar badan langsing.
Semoga cerita ini bisa memotivasi Anda untuk diet.

Salam Diet



(up/up)
News Feed