Selasa, 13 Nov 2018 09:07 WIB

Selain Picu Pneumonia, Ini Dampak Lain Sering Ngupil

Yoga Radyan Nalendra - detikHealth
Ngupil bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan lho. Foto: istock Ngupil bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan lho. Foto: istock
Jakarta - Hati-hati kalau punya kebiasaan ngupil. Sebaiknya jangan sering-sering, atau hindari sama sekali, karena bisa menyebabkan infeksi dan masalah kesehatan lainnya.

"Ngupil terlalu sering bisa membuat infeksi sekitar lubang hidung dan luka di dalam hidung," kata dokter paru dari RS Persahabatan, Dr dr Erlina Burhan, Sp.P(K), ditemui baru-baru ini di rumah Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) di kawasan Cipinang, Jakarta Timur.

Diberitakan detikHealth sebelumnya, ngupil juga memiliki risiko yang lebih fatal. Infeksi yang makin parah hingga bernanah di lubang hidung bisa juga merusak struktur tulang rawan.

"Kalau berlanjut lagi, tulang rawan bisa ikut kena. Akhirnya hidung bisa pesek, bisa turun," kata Dr Agus Subagio, SpTHT, spesialis THT dari RS Puri Indah.



Sebuah penelitian di European Respiratory Journal menyebut kebiasaan ngupil bisa meningkatkan risiko pneumonia. Temuan ini dibenarkan oleh dr Erlina, yang mengatakan bahwa jari tangan mengandung banyak kuman sehingga lebih baik tidak dimasukkan hidung.

"Sekali lagi saya konfirmasi, kita melakukan ngupil bisa menyebabkan pneumonia," tegas dr Erlina.

(up/up)
News Feed