Jumat, 23 Nov 2012 16:43 WIB

Olahraga 4 Kali Seminggu, Mengapa Berat Badan Belum Juga Ideal?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock) Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Saya Kurniawan, usia 21. Saya mau bertanya seputar program pembentukan badan. Saya sudah berolahraga secara rutin 4x seminggu tetapi berat badan saya tak kunjung ideal. Bagaimana program body building yang benar? Terimakasih.

Kurniawan (Pria Lajang, 21 Tahun), johnXXXX@gmail.com
Tinggi Badan 179 Cm dan Berat Badan 90 Kg

Jawaban:

Dalam fitness, kita memiliki 2 komponen utama untuk berat badan. Komponen pertama adalah LEMAK. Komponen kedua adalah BOBOT MURNI. Bobot murni sendiri terbagi ke dalam 4 kontributor utama, yaitu: air, tulang, organ, dan otot.

Jelasnya, Berat Badan Total (pada timbangan) terdiri dari:

1. Bobot Lemak
2. Bobot Murni (Air, Organ, Tulang, Otot)

Di antara kedua komponen (lemak dan bobot murni), manakah yang ingin diturunkan? Dan manakah yang ingin dipertahankan atau ditingkatkan? Jawaban dari kedua pertanyaan ini secara obyektif akan membawa kita ke cara / pendekatan olahraga yang tepat.

Tadi dipertanyaan, kalau Kurniawan menginginkan kenaikan berat badan. Dalam hal ini, akan diasumsikan kita memiliki kesepakatan bahwa yang ingin ditingkatkan adalah kadar otot. Karena selain merupakan bentuk peningkatan yang positif, upaya meningkatkan kadar otot juga meningkatkan fungsi gerak tubuh, kesehatan, maupun penampilan kita secara bersamaan.

Dalam hal ini upaya meningkatkan kadar otot tersebut adalah latihan pengencangan otot atau yang lebih populer dikenal sebagai latihan dengan beban. Tetapi bukan berarti aktivitas olahraga lainnya seperti aerobik boleh ditinggalkan. Aktivitas aerobik juga diperlukan untuk meningkatkan kekuatan jantung, mendapatkan pembakaran lemak di saat olahraga, dan menjaga kesehatan paru-paru.

Sebenarnya untuk menurukan berat badan, atau yang lebih tepat disebut menurunkan kadar lemak, pendekatannya juga sama. Kedua aktivitas (latihan beban dan latihan aerobik) juga perlu dilakukan. Hanya komposisinya saja yang sedikit berbeda. Apabila ingin meningkatkan komposisi otot, maka latihan beban sedikit lebih banyak daripada latihan aerobik. Sementara untuk menurunkan komposisi lemak, maka latihan aerobik yang sedikit lebih banyak daripada latihan beban.

Faktor penentu lain yang sama pentingnya (dan mungkin lebih penting!) adalah faktor pengaturan pola makan (diet). Untuk hasil yang lebih sehat dan maksimal, ikuti beberapa langkah berikut ini:



  1. Ganti porsi nasi dulu menjadi porsi sayur sekarang.
  2. Ganti porsi sayur dulu menjadi porsi nasi sekarang.
  3. Kurangi gorengan, minuman bergula, santan, mentega, dan tepung.
  4. Batasi buah maksimum 2-3 saji per hari.
  5. Jaga asupan protein agar tetap stabil (ukuran lauk 1 telapak tangan setiap kali makan).
  6. Makan lebih sering, minimum 3 kali sehari, kalau bisa tambahkan 1-3 kali snack sehat atau 1 meal lagi.


Semoga berhasil.

Ade Rai
Adalah atlet binaraga yang memiliki prestasi sangat baik di percaturan nasional dan internasional. Lulusan FISIP Universitas Indonesia jurusan Hubungan Internasional tahun 1995 ini, sekarang aktif mengkampanyekan gaya hidup sehat melalui fitnes. Ade juga mendirikan RAI Institute dan 11 gerai Klub Ade Rai.

(up/vit)

News Feed