Minggu, 18 Feb 2018 16:09 WIB

Di Usia 31 Tahun, Selebriti Ini Lakukan Operasi Angkat Rahim

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Lena Dunham sudah bertahun-tahun bergulat dengan endometriosis. Ia pun memilih melakukan prosedur angkat rahim untuk menuntaskan kondisinya. Foto: dok. Getty Images Lena Dunham sudah bertahun-tahun bergulat dengan endometriosis. Ia pun memilih melakukan prosedur angkat rahim untuk menuntaskan kondisinya. Foto: dok. Getty Images
Jakarta - Pilihan berani dilakukan oleh aktris asal Amerika Serikat, Lena Dunham. Di usianya yang masih terbilang muda, 31 tahun, ia memutuskan untuk melakukan histerektomi atau operasi pengangkatan rahim.

Lena mengaku sudah bertahun-tahun menderita karena endometriosis yang dialaminya. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, ia kerap mengalami pendarahan di vagina meskipun sudah berkali-kali berobat.

Baca juga: Fenomena Langka, Ovarium Wanita Ini Tumbuh Lagi Setelah Dioperasi

"Operasi histerektomi ini akan menjadi operasi yang ke sembilan dalam waktu sepuluh tahun. Aku mengambil pilihan ini secara matang dan sudah memikirkan banyak pertimbangan," ujar Lena dalam wawancara dengan majalah Vogue, dikutip dari BBC.

Histerektomi adalah operasi pengangkatan rahim (uterus) pada wanita dengan pembedahan. Karena rahim diangkat, wanita yang melakukan histerektomi tidak akan bisa mengandung anak.

Lena sendiri mengaku siap dengan pilihannya. Pemeriksaan lanjutan akan melihat apakah indung telurnya masih berfungsi dengan baik, dan apakah memiliki sel telur yang nantinya akan dibekukan.

"Aku mungkin akan berduka karena tidak bisa mengandung anak. Namun perkembangan teknologi kedokteran memungkinkan adanya ibu penggantin, atau jika sel telurku tidak bagus, aku bisa memilih untuk mengadopsi anak," tambahnya.

Endometriosis adalah kelainan di mana adanya jaringan rahim yang tumbuh di luar rahim. Jaringan ini bisa tumbuh di rongga panggul (pelvis), indung telur (ovarium) ataupun rongga abdomen.

Meski umumnya tidak membahayakan nyawa, rasa nyeri yang luar biasa saat menstruasi, buang air, dan bercinta, bisa sangat menurunkan kualitas hidup seseorang. Tak hanya itu, pasien endometriosis juga biasanya mengalami pendarahan hebat saat menstruasi.

Baca juga: Mengeluh Nyeri Hebat Saat Haid, Ternyata Punya 50 Tumor di Rahim (mrs/hrn)
News Feed