Selasa, 17 Des 2019 07:59 WIB

Nyeri Haid Hebat Sampai Muntah dan Pingsan, Waspadai Penyakit Ini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Hati-hati nyeri haid sampai muntah bisa jadi tanda gejala kronis. Foto: shutterstock
Jakarta - Sebagian besar wanita menganggap nyeri haid adalah hal yang normal dan dianggap biasa. Namun jika sampai mengganggu aktivitas, bisa jadi nyeri haid tersebut merupakan gejala penyakit kronis.

Nyeri haid hebat yang dibarengi dengan mual, muntah, bahkan pingsan bisa jadi gejala endometriosis. Penyakit ini merupakan penyakit kronis yang terjadi ketika jaringan yang membentuk lapisan dinding rahim tumbuh di luar rahim.

"Banyak yang berfikir nyeri haid normal. Nggak periksa padahal sudah sampai muntah, pingsan, atau nggak hamil-hamil baru mau periksa," kata spesialis obgyn dari Klinik Bocah Fertilitas, dr M Lucky SpOG(K), saat dijumpai di daerah Tangerang, Senin (16/12/2019).



Wanita dengan endometriosis selain nyeri haid hebat juga akan merasa kelelahan kronis, diare, nyeri perut dan nyeri panggul. Selain itu, sekitar 30-50 persen pengidap endometriosis akan mengalami gangguan kesuburan karena jaringan mempengaruhi sel telur yang akan mengganggu pertemuan sel telur dan sperma.

"Tapi tetap masih bisa hamil normal tergantung dari tingkat keparahan endometriosisnya. Memang tidak bisa sembuh jadi tujuan pengobatan hanya untuk menghilangkan nyeri, mengurangi kekambuhan dan membantu untuk program hamil," pungkasnya.



Simak Video "Mau Program Punya Anak Laki atau Perempuan? Nih Tipsnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)