Selasa, 17 Des 2019 08:30 WIB

6 Dampak Serius Bulimia, Kebiasaan Memuntahkan Isi Perut Sehabis Makan

Meytha Cahyasari - detikHealth
Pengidap bulimia memuntahkan kembali makanan secara paksa. (Foto ilustrasi: Istock)
Jakarta - Setiap orang khususnya wanita pasti menginginkan tubuh ideal dengan berat badan sekecil mungkin. Demi mewujudkan impiannya, banyak orang yang merasa memiliki berat badan yang tidak ideal akan melakukan diet. Diet memang merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan cara diet sehat.

Sayangnya, beberapa orang melakukannya dengan cara yang tidak sehat salah satunya dengan cara memuntahkan kembali makanan yang telah mereka makan (bulimia) secara paksa. Biasanya orang yang mengalami kondisi ini akan sengaja menyogok tenggorokan menggunakan jari agar makanan yang telah dimakan keluar kembali.

Dikutip dari Healthline berikut bahaya yang terjadi bila melakukan bulimia.



1. Anda mungkin mengalami depresi, kecemasan, atau perilaku obsesif-kompulsif. Moodiness dan iritabilitas dapat terjadi karena kekurangan vitamin atau perilaku yang menyertai bulimia.

2. Kandungan asam yang tinggi dari muntahan dapat merusak gigi dan menyebabkan erosi enamel, sensitivitas gigi, dan penyakit gusi, mengiritasi atau merobek kerongkongan Anda, pecah kerongkongan Anda dan menyebabkan darah muntah, mengiritasi perut Anda, menyebabkan sakit perut, mulas, dan asam lambung, merusak usus dan menyebabkan kembung, diare, atau sembelit

3. Dapat menyebabkan dehidrasi. Ini menyebabkan otot-otot yang lemah dan kelelahan yang ekstrem. Itu juga bisa membuat elektrolit Anda tidak seimbang dan membuat jantung Anda tegang. Ini dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur (arrhythmia), dan dalam beberapa kasus yang parah, otot jantung melemah dan gagal jantung.

4. Sistem integumentary termasuk rambut, kulit, dan kuku Anda. Bagian-bagian tubuh Anda ini juga tidak kebal terhadap efek bulimia. Dehidrasi karena sering muntah berarti tubuh Anda tidak memiliki cukup air. Pada gilirannya, rambut Anda bisa menjadi kering dan keriting. Anda bahkan mungkin mengalami kerontokan rambut. Kulit dan kuku kering juga merupakan efek samping jangka panjang dari bulimia. Kulit Anda mungkin menjadi kasar dan bersisik, sementara kuku Anda rapuh.

5. Bulimia dapat menyebabkan tekanan darah rendah, denyut nadi lemah, dan anemia. Muntah bisa menjadi peristiwa kekerasan. Kekuatan tipis itu bahkan dapat menyebabkan pembuluh darah di mata Anda pecah.

6. Kekurangan nutrisi yang dialami penderita bulimia dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Kelelahan bisa membunuh gairah seks Anda. Bulimia dapat mengganggu siklus menstruasi Anda atau menghentikannya sama sekali. Jika ovarium tidak lagi melepaskan sel telur, sperma tidak mungkin membuahi sel telur.

Disarankan untuk kamu yang ingin memiliki berat badan ideal jangan melakukan bulimia. Jadi, lakukan program diet yang sehat.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)