Selasa, 17 Des 2019 09:00 WIB

Benarkah Kista Bisa Luruh Setelah Melahirkan? Berikut Penjelasan Dokter

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Benarkah kista bisa hilang setelah melahirkan? (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta - Sebenarnya kista ovarium tidak berbahaya meski sulit dideteksi. Karenanya banyak yang menganggap kista akan bisa hilang setelah melahirkan. Benarkah demikian?

"Ya nggak lah mana ada itu. Bagaimana mau keluar? Tempatnya saja beda. Satu di indung telur satu di dalam rahim. Beda jalur," kata spesialis obgyn dari Klinik Bocah Fertilitas, dr M Lucky, SpOG(K) saat ditemui detikcom di RS Awal Bros Tangerang, Senin (16/12/2019).

Disebut dr Lucky, kista ovarium memiliki berbagai jenis mulai dari yang jinak hingga ganas. Kista ovarium jinak memang tidak akan mengganggu perkembangan janin namun bukan berarti akan hilang setelah melahirkan.



"Yang ada biasanya kistanya mengecil saat dia hamil. Bukan keluar dengan bayi, nggak ada itu. Jadi mungkin pas hamil mengecil," sebutnya.

Kebanyakan kasus kista bisa diobati dan hilang dengan operasi. Namun jika mengidap kista endometriosis meski sudah diangkat dengan operasi, angka kekambuhan masih tetap tinggi sehingga harus menjalani perawatan yang berbeda.

Ada juga kista endometriosis. Kalau yang lain kalau dioperasi bisa selesai masalah, kista endometriosis habis operasi balik lagi," pungkasnya.



Simak Video "Dilarikan ke RS, Kista Ovarium Kate Beckinsale Pecah "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)