Minggu, 31 Mei 2020 18:00 WIB

Ahli Medis Sebut Keputusan Trump Tinggalkan WHO Ancam Kesehatan Global

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Trump-Twitter: Trump keluarkan perintah eksekutif untuk hapus perlindungan hukum bagi perusahaan media sosial Presiden AS Donald Trump. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Kelompok ahli yang mewakili dokter penyakit menular, dokter anak dan dokter umum di Amerika Serikat memprotes keputusan Presiden Donald Trump untuk menarik diri dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Menurut mereka hal tersebut akan mempersulit untuk melawan pandemi Corona.

Hal ini juga bisa membahayakan kesehatan anak-anak. "Keputusan administrasi Trump untuk menarik diri dari WHO membawa risiko besar bagi anak-anak di dunia selama krisis kesehatan global yang belum pernah terjadi sebelumnya," tutur Mark Del Monte, CEO American Academy of Pediatrics kepada CNN International.

"Akan ada risiko lonjakan kasus polio dan peningkatan kematian anak-anak akibat malaria, dan itu akan semakin menunda kampanye vaksinasi yang menyelamatkan jiwa," sambungnya.

Menarik dukungan dari WHO menurut beberapa ahli tdak hanya membahayakan respons global terhadap COVID-19 tetapi juga melemahkan respons terhadap ancaman kesehatan besar lainnya.

AS secara tradisional menjadi kontributor terbesar bagi WHO. Pada bulan April, Trump mengatakan AS akan menangguhkan seluruh kontribusi keuangan kepada WHO. Pengumuman penarikan diri ini mengakhiri kepemimpinan AS di WHO.

"Tindakan tidak masuk akal ini akan berdampak signifikan dan jauh lebih berbahaya terutama karena WHO memimpin pengembangan obat dan vaksin di seluruh dunia untuk memerangi pandemi," kata Presiden Asosiasi Medis Amerika Dr. Patrice Harris.

Salah satu alasan penarikan AS dari WHO adalah Trump menganggap China menekan WHO untuk menyesatkan dunia dalam kaitannya dengan penanganan virus Corona.



Simak Video "WHO Ngarep Rujuk dengan Amerika Serikat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)