Minggu, 05 Sep 2021 19:15 WIB

Video 20Detik

Dear Malaysia, Ini Kunci Turunnya Kasus Covid-19 di RI Versi Kemenkes

Tim 20Detik - detikHealth
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI menjawab rasa penasaran politisi Malaysia soal penurunan Covid-19 yang bisa terjadi secara cepat. Jubir Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebut pemberlakuan kebijakan PPKM jadi salah satu kuncinya.

"Tentunya ini bukan hanya angka saja, tapi memang kondisi tadi, kalau kita lihat intervensi yang kita lakukan itu sejak pada saat terjadi peningkatan kasus itu kita sudah melakukan kebijakan untuk pelaksanaan PPKM. Jadi mulai 3 Juli PPKM emergency yang kita lakukan dan terus kita lakukan sampai saat ini dengan melakukan evalusi per minggunya sampai betul-betul kita lihat bahwa situasinya itu sudah betul-betul terkendali," jelas Siti Nadia saat dihubungi oleh 20Detik pada Minggu (5/9).

Selain itu, peran serta tenaga medis dan relawan disebut memberikan andil besar dalam menurunkan kasus ini.

"Komitmen dari tenaga kesehatan, walaupun dengan beban yang bertambah dan meningkat dan tentunya kita tahu kadang-kadang sarana prasarana juga terbatas, tapi mereka tetap memberikan dedikasi yang terbaik untuk bisa mengatasi kondisi tersebut. Selain itu juga banyak relawan-relawan yang bergerak langsung ke masyarakat seperti mendukung masyarakat yang melakukan isolasi mandiri juga ada organisasi-organisasi masyarakat, organisasi keagamaan yang mensupport warga di sekitarnya," tambahnya.

Terkait dengan testing Covid-19, Siti Nadia mengklaim angka tes di Indonesia sudah meningkat dibandingkan sebelumnya.

"Angka testing bisa menurun, tapi sebarnya kalau kita lihat testing kita itu jauh sudah meningkat dari target WHO. Sampai sekarang pun kan target WHO itu 1 per 1.000 pada tingkat nasional. Kita mencapai angka 2,8-3 per seribu untuk testing ini. Testing ini menurun karena memang kasus positif juga menurun, tetapi tetap kita dorong untuk daerah-daerah tetap melakukan pemeriksaan testing ini," pungkasnya.

Sebelumnya, politisi dari Negeri Jiran yakni Lim Kit Siang menanyakan kepada Menkes Malaysia Khairy Jamaluddin soal fenomena turunnya kasus Covid-19 di Indonesia. Ia keheranan karena Indonesia bisa menurunkan kasus lebih cepat dibandingkan Malaysia.

"Bisakah menteri kesehatan yang baru, Khairy Jamaluddin, menjelaskan mengapa selama 16 hari berturut-turut, Indonesia telah mengurangi kasus baru Covid-19 hariannya menjadi kurang dari Malaysia. Ini bukan mencari-cari kesalahan tetapi mencari cara untuk meningkatkan penanganan kita terhadap pandemi Covid-19 sehingga memenangkan perang melawannyam," ujar Pimpinan Partai Aksi Demokratik, Lim Kit Siang, dikutip dari Malaymail.

(dis/dis)