Senin, 28 Sep 2009 16:30 WIB

Ketagihan Internet Picu Obesitas

- detikHealth
Jakarta - Jika Anda berniat menguruskan badan, jangan hanya mengurangi porsi makan di piring saja. Ssebaiknya kurangi juga waktu Anda di depan internet. Sebuah studi di Australia menyebutkan bahwa mereka yang banyak menghabiskan waktunya dengan internet berisiko terkena obesitas.

Dalam Journal of Medical Internet, peneliti melakukan survei terhadap 2.650 orang dewasa di Australia tentang aktivitas fisik, internet, main game komputer, membaca, menonton dan kegiatan lainnya yang dilakukan selama responden berada dalam waktu luang untuk mengetahui hubungannya dengan penyakit obesitas.

Peneliti pun mencoba fokus dan membandingkan 2 aktivitas utama, yaitu internet dan aktivitas fisik (olahraga, jalan kaki). Kedua aktivitas itu terbagi dalam kategori tidk pernah, jarang (kurang dari 3 jam tiap minggu) dan tinggi (lebih dari 3 jam tiap minggu).

Hasil survei pun menunjukkan bahwa mereka yang sering menggunakan internet dan komputer ternyata 1,5 hingga 2 kali lebih gemuk dibanding mereka yang tidak pernah berhadapan dengan komputer.

Mereka yang sering berurusan dengan internet juga dilaporkan lebih jarang melakukan aktivitas fisik. Bahkan mereka yang sering menggunakan internet tapi melakukan aktivitas fisik pun masih tetap lebih gemuk dibanding mereka yang tidak menggunakan internet sama sekali.

"Sebenarnya internet yang menyebabkan kelebihan berat badan atau kebanyakan orang gemuk lebih sering menggunakan internet? Yang pasti, studi ini menunjukkan bahwa internet dan komputer menjadi salah satu penyebab obesitas," ujar Corneel Vandelanotte, Ph.D., peneliti dari Institute for Health and Social Science Research at Central Queensland University seperti dikutip dari Health, Senin (28/9/2009).

Mereka yang lebih sering berhadapan dengan internet dan aplikasi lainnya di komputer cenderung malas bergerak dan lebih suka melakukan aktivitas tetap seperti membaca, menonton dan lainnya. Itulah yang menyebabkan obesitas, karena kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak dikeluarkan terbakar dengan hanya diam di tempat. "Membaca, nonton TV dan main game tidak akan membakar kalori," ujar Corneel.

Untuk mencegah para pengguna internet dan komputer menjadi obesitas, sebaiknya masukkan olahraga atau aktivitas fisik lainnya ke dalam jadwal rutin setiap hari. Coba berikan batasan waktu untuk aktivitas di depan komputer atau aktivitas tetap lainnya dan seimbangkan dengan aktivitas fisik.

Semakin sedikit waktu Anda depan komputer atau internet dan semakin banyak waktu untuk beraktivitas fisik, Anda pun akan semakin sehat. The American College of Sports Medicine pun menyarankan mereka yang ingin kurus dan tetap sehat untuk melakukan olahraga 150 hingga 250 menit tiap minggunya.

Rekomendasi Obat




(fah/ir)