Selasa, 20 Apr 2010 16:15 WIB

Pilih Vegan atau Vegetarian?

- detikHealth
Jakarta - Vegetarian dan vegan adalah gaya hidup yang mengurangi makan makanan hewani yang tujuannya untuk menjaga kesehatan. Ada perbedaan yang mencolok antara vegan dan vegetarian. Sebelum memutuskan salah satunya sebaiknya cari tahu apa perbedaan dari dua jenis pola diet ini.

Alasan yang paling populer diungkapkan seseorang yang menjadi vegetarian adalah masalah kesehatan, karena hanya mengonsumsi pola makan yang kaya akan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian yang menjaga agar jantung tetap sehat.

Sebaliknya alasan seseorang melakukan diet vegan karena masalah kesehatan, lingkungan, etika dan lainnya.

Seperti dikutip dari Hubpages, Selasa (20/4/2010) terdapat perbedaan yang sangat sederhaan antara vegetarian dengan vegan.

Orang yang diet vegetarian tidak mengonsumsi daging, sementara orang yang diet vegan tidak mengonsumsi semua produk hewani sehingga tidak akan mengonsumsi daging, susu bahkan telur.

Vegetarian yang mengonsumsi daging biasanya hanya merasa bersalah, sedangkan kaum vegan cenderung lebih pro aktif memboikot segala produk yang dihasilkan dari hewan.

Sementara itu perbedaan lain yang menyebabkan seseorang menjadi vegetarian atau vegan adalah selera pribadi orang tersebut. Beberapa orang ada yang tidak menyukai rasa daging, sedangkan orang lain ada yang menjadi mual meskipun hanya mengonsumsi satu tetes susu.

Vegetarian ini sendiri dibedakan menjadi beberapa tipe berdasarkan asupan makanan apa saja yang dikonsumsinya, yaitu:

  1. Pescatarian, yaitu jenis diet yang tidak mengonsumsi segala jenis makanan yang terbuat dari daging dan makanan hewani daging lainnya tapi tetap mengonsumsi ikan. Sebagian besar orang akan mengadopsi metode ini berharap bisa berubah menjadi vegetarian.
  2. Flexitarian atau semi vegetarian, yaitu suatu istilah bagi orang yang hampir menjadi vegetarian. Sebagian besar makanan yang dikonsumsi adalah sayuran atau buah, tapi kadang-kadang makan daging juga atau hanya makan ikan dan ayam saja.
  3. Lacto-vegetarian, yaitu seseorang yang tidak makan telur, daging sapi, daging babi, unggas, ikan, kerang dan produk hewan lainnya. Tapi jenis ini masih mengonsumsi makanan yang berasal dari produk susu.
  4. Ovo-vegetarian, yaitu seseorang yang mengonsumsi telur tapi tidak makan segala sesuatu yang berasal dari daging atau produk susu.
  5. Lacto-Ovo-vegetarian, yaitu mengombinasikan program diet lacto dan ovo vegetarian. Seseorang masih mengonsumsi susu, mentega, keju, telur dan produk lainnya kecuali daging.

Salah satu hal yang harus dilihat sebelum memutuskan pola diet apa yang akan diambil adalah dengan melihat efek dari diet tersebut terhadap kesehatannya, seperti dikutip dari Buzzle, ada perbedaan manfaat kesehatan dari dua tipe diet ini, yaitu:

Vegetarian, memiliki manfaat kesehatan seperti menurunkan kolesterol dalam darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, memiliki jangka hidup (usia) yang lebih panjang dibandingkan orang yang mengonsumsi daging, membantu menurunkan berat badan, mengurangi kemungkinan terkena diabetes, kandung empedu serta masalah batu empedu.

Vegan, memiliki manfaat kesehatan seperti meningkatkan kesehatan jantung, menyehatkan kardiovaskuler karena terhindar dari lemak dan kolesterol dalam makanan, menurunkan tekanan darah tinggi, membantu memerangi diabetes tipe 2, mencegah kanker payudara serta degeneratif tulang yang terkait dengan usia, artritis atau osteoporosis.

Dengan memahami perbedaan antara kedua pola diet ini, maka Anda dapat memilih salah satunya agar bisa mengubah pola hidup yang ada saat ini. Tapi sebelum benar-benar memutuskan, tak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai kondisi kesehatan Anda yang sebenarnya.

(ver/ir)