Senin, 07 Jun 2010 08:45 WIB

5 Cara Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

- detikHealth
Jakarta - Untuk mendapatkan keturunan tidak melulu wanita yang harus bertanggungjawab terhadap kesuburannya, karena banyak pria pun yang mengalami infertilitas. Ada 5 cara yang bisa dilakukan pria dan wanita untuk meningkatkan peluang hamil.

Fertilitas atau masalah kesuburan adalah ketika perempuan mampu memproduksi sel telur yang layak dan pria menghasilkan sperma yang kuat dan sehat.

Sebuah studi menunjukkan masalah kesuburan pasangan 40 persen karena faktor perempuan, 40 persen karena faktor pria dan 20 persen lagi kombinasi masalah pada pria dan wanita.

Ada banyak tindakan medis yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan tapi orang harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Seperti dilansir buzzle, Senin (7/6/2010) ada cara alami untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita yang aman dan efektif untuk dilakukan:

1. Menjaga berat badan sehat


Salah satu cara yang paling penting untuk meningkatkan kesuburan adalah melakukan diet yang tepat. Diet disini berarti makan dengan benar. Kebutuhan nutrisi, mineral dan vitamin yang membantu mengatur hormon tubuh dan memelihara sistem reproduksi harus terpenuhi tanpa harus makan berlebih.

Menjaga berat badan yang sehat sangat penting karena fakta yang ada, tubuh kurus atau gemuk punya tingkat ketidakseimbangan lemak yang akhirnya berpengaruh buruk pada produksi hormon seks.

2. Waktu yang tepat


Cara lain yang efektif untuk meningkatkan kesuburan secara alami adalah mengetahui kapan masa subur perempuan. Salah satu alasan mengapa pasangan tidak hamil karena tidak punya waktu berhubungan seks dengan baik.

Waktu yang tepat adalah selama hari-hari menjelang ovulasi dan pada hari ovulasi. Jadi penting untuk mengetahui saat ovulasi.

3. Posisi yang tepat


Sebagian besar orang mungkin tidak percaya posisi seksual berpengaruh terhadap kesuburan. Bercinta sambil berdiri, duduk atau posisi wanita di atas diduga memiliki kemungkinan sperma dapat keluar dari tubuh.

Cara yang baik adalah sperma harus masuk sedekat mungkin ke leher rahim. Jadi, posisi yang paling tepat adalah salah satu yang memungkinkan penetrasi lebih dalam seperti posisi misionaris (wanita di bawah, pria di atas).

4. Olahraga teratur

Latihan atau olahraga rutin sangat efektif untuk melawan hampir semua jenis penyakit. Olahraga dapat membakar banyak lemak tubuh dan menjaga berat badan yang sehat. Efeknya bisa menjaga siklus kesuburan wanita.

Olahraga ringan sampai sedang seperti berjalan, jogging, berenang, dan bersepeda dianggap sebagai olahraga yang baik untuk menyembuhkan ketidaksuburan.

5. Konsumsi herbal


Beberapa tanaman dari tumbuh-tumbuhan dikenal sebagai obat untuk mengatasi masalah kesuburan. Tapi ingat konsumsilah herbal yang benar-benar aman dan tidak menimbulkan efek samping.

(ir/ir)