Agar Tak Tersiksa Saat Menopause

ADVERTISEMENT

Agar Tak Tersiksa Saat Menopause

- detikHealth
Senin, 18 Okt 2010 16:01 WIB
Jakarta - Gejala-gejala yang menyertai menopause seperti hot flash (rasa panas seperti terbakar) dan kulit kusam sulit dihindari, namun bukan berarti tidak bisa dikurangi. Pemilihan diet yang tepat bisa meredakan gejala-gejala tersebut.

Selain hot flash dan kulit kusam, beberapa gejala yang sering menyertai datangnya menopause adalah perut kembung serta daya ingat menurun. Seperti layaknya efek penuaan, gejala ini sulit dihindari namun tetap bisa dikurangi. Menopause adalah berhentinya siklus menstruasi yang biasa dialami wanita setiap bulan. Wanita yang sudah menopause juga sudah tidak bisa hamil lagi. Wanita menopause akan mengalami kekurangan hormon estrogen.

Dikutip dari MSN HEalth, Senin (18/10/2010), berikut ini adalah anjuran pemilihan makanan bagi wanita yang mulai memasuki masa menopause. Dengan konsumsi kesakitan-kesakitan selama menopause bisa berkurang.

Perbanyak kacang dan biji-bijian

Penelitian terbaru menunjukkan konsumsi kedelai sekurang-kurangnya 3 kali sehari sangat bermanfaat bagi tulang dan jantung, menjaga kesehatan rambut, kulit dan kuku. Kedelai juga ampuh meredakan gejala hot flash pada wanita menopause.

Perbanyak konsumsi lemak ikan
Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan baik untuk menjaga daya ingat, terutama di usia paruh baya. Nutrisi tersebut bisa diperoleh dalam suplemen minyak ikan, salmon, sardin, tuna dan ikan-ikan lainnya.

Minum teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan ayng bisa mencegah efek penuaan seperti kulit kusam dan keriput. Selain itu, penelitian membuktikan minuman ini mampu mengurangi risiko serangan stroke hingga 69 persen.

Kurangi makanan pedas

Untuk mengurangi gejala hot flash dan banyak berkeringat di malam hari, kurangi konsumsi makanan pedas dan kafein. Sebagai gantinya, perbanyak sayur dan buah-buahan agar suhu badan lebih sejuk. Selain itu, hindari tidur dalam kondisi perut masih penuh.

Kurangi kubis dan minuman bersoda
Gejala perut kembung pada menopause merupakan dampak dari produksi gas di saluran pencernaan yang berlebih. Mengurangi konsumsi soda dan beberapa jenis sayur seperi kubis dapat mengurangi gejala tersebut.

Perbanyak minum air putih

Kulit akan menjadi lebih lentur dan tampak cerah jika tubuh tidak kekurangan cairan. Bukan itu saja, minum air sebanyak 8 gelas setiap hari juga akan mengurangi beberapa keluhan lain saat menopause seperti kram dan sembelit atau konstipasi (sembelit).

(up/ir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT