Senin, 02 Mei 2011 15:06 WIB

Yoghurt yang Tidak Dingin Manfaatnya Hilang

- detikHealth
Jakarta - Yoghurt adalah minuman yang banyak disukai oleh masyarakat baik anak-anak ataupun orang dewasa. Tapi sebaiknya jangan membeli yoghurt yang tidak dingin, karena tidak ada manfaatnya.

"Yoghurt yang tidak dingin atau tidak ditaruh di dalam lemari pendingin sebaiknya tidak usah dibeli, karena sudah tidak ada manfaatnya," ujar Dr Tirta Prawita Sari, MSc selaku Ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi di SDN 02 Menteng, Jakarta Pusat, Senin (2/5/2011).

Dr Tirta menuturkan yoghurt biasanya mengandung bakteri baik yang disebut dengan probiotik, dan probiotik ini bisa bertahan hidup pada suhu atau temperatur tertentu. Kalau yoghurt sudah tidak dingin maka probiotik yang terkandung di dalamnya tidak bisa bertahan hidup dan mati, sehingga tidak ada manfaatnya.

"Kalau seperti itu hanya rasa asam saja yang didapatkan. Tapi apakah berbahaya bagi kesehatan atau tidak belum diketahui. Selama kemasan dari yoghurt tersebut tidak rusak, maka probiotiknya sudah tidak ada," ungkapnya.

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang diminum untuk menjaga keseimbangan sistem pencernaan di dalam usus. Minuman yang mengandung probiotik ini harus disimpan pada kondisi penyimpanan, suhu dan tingkat keasaman tertentu agar mikroorganismenya tidak mati.

Umumnya probiotik yang terkandung di dalam yoghurt sudah mengalami fermentasi. Dan probiotik ini bekerja mengusir mikroorganisme jahat dari usus secara langsung dengan cara mendominasi perebutan nutrisi di tempat itu.

Manfaat dari minuman probiotik ini sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian ilmiah, dan minuman ini harus dikonsumsi dalam jumlah yang cukup agar bisa memberikan manfaat seperti yang diharapkan.

"Sedangkan untuk minuman susu sebaiknya pilihlah yang kemasannya masih utuh serta perhatikan tanggal kadaluarsanya," ujar Dr Tirta.

(ver/ir)