Rabu, 06 Jul 2011 11:17 WIB

Bermain di Laut Bikin Badan Lebih Fit

- detikHealth
Jakarta - Saat musim liburan, biasanya pantai atau bermain di laut menjadi favorit banyak orang. Bermain di pantai atau mandi laut ternyata tak cuma memberi kesenangan tapi juga bikin badan lebih fit dan sehat. Apa saja manfaat kesehatan bermain di pantai atau mandi laut?

Beberapa manfaat kesehatan saat bermain di laut seperti dikutip dari Dailymail dan Livestrong, Rabu (6/7/2011) adalah:

Perawatan kecantikan
Ketika air laut menguap maka ia menghasilkan garam laut. Beberapa tahun terakhir garam dan air laut banyak digunakan di pusat kecantikan termasuk untuk terapi pijat dan pengelupasan kulit. Selain itu garam laut juga membantu mengeluarkan racun dari kulit, mengurangi nyeri dan sakit di tubuh serta meredakan ketegangan otot.

Mengatasi sinus
Air dan garam laut diketahui bisa membantu melonggarkan lendir di sinus sehingga bisa mengurangi tekanan yang ada. Selain itu juga membantu meringankan gejala flu dan pilek.

Suara deburan air laut membuat tubuh rileks
Studi menunjukkan pola gelombang suara di pantai bisa membuat otak menjadi santai sehingga membantu meremajakan pikiran dan membuat tubuh rileks. Dan mengambang di atas air laut bisa memompa darah segar ke seluruh tubuh sehingga membawa lebih banyak oksigen ke otak yang membuat tubuh lebih aktif serta waspada.

Udara segar di pantai membantu tidur lebih baik
Udara laut mengandung ion negatif yang sehat dan bisa mempercepat kemampuan tubuh untuk menyerap oksigen. Ion negatif ini juga mengatur keseimbangan kadar serotonin (zat kimia yang berhubungan dengan suasana hati dan stres). Itulah sebabnya seseorang akan merasa rileks, berenergi dan tidur lebih nyenyak setelah bermain di pantai.

Bermanfaat untuk kulit
Sinar matahari di pantai pada pagi hari bisa mempengaruhi sistem endokrin, yaitu bagian tubuh yang mengeluarkan endorfin (bahan kimia alami dalam tubuh yang membuat orang santai serta mengurangi stres).

Para ahli dermatologis melaporkan temuannya dalam Oxford-based medical journal Skin Research And Technology bahwa air laut baik untuk beberapa kasus dermatitis seperti ruam alegi kulit yang disebabkan oleh kontak dengan bahan kimia di rumah.

Meningkatkan antioksidan
Sebuah studi menunjukkan tomat ceri yang tumbuh di air laut memiliki jumlah antioksidan lebih tinggi dibanding dengan air biasa. Hal ini diduga air laut membantu meningkatkan kadar antioksidan.



(ver/ir)
News Feed