Rabu, 10 Agu 2011 11:02 WIB

Hal-hal yang Bisa Memperparah Sinus

- detikHealth
Jakarta - Sinus merupakan suatu kondisi yang bisa membuat seseorang tidak nyaman dan sulit bernapas. Untuk itu ketahui beberapa hal yang bisa menyebabkan nyeri dan memperparah sinus.

Sinusitis adalah istilah kedokteran untuk peradangan pada sinus yaitu saluran kecil berisi rongga udara di dalam tenggorokan. Setiap sinus dilapisi oleh jaringan sensitif yang menutupi bagian dalam hidung.

Lapisan ini akan melepaskan lendir ke dalam hidung untuk membantu menjaga saluran hidung tetap lembab, serta memastikan debu, alergen dan polutan lain yang terjebak tidak masuk ke paru-paru.

"Sayangnya perubahan konstan di lingkungan bisa membuat seseorang lebih mudah terkena sinus yang bisa mempengaruhi cara saluran hidung bekerja," ujar Dr Andrew Meredith, spesialis THT (Telinga Hidung Tenggorokan) dari Benenden Hospital di Cranbrook, Kentucky, seperti dikutip Dailymail, Rabu (10/8/2011).

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa memicu terjadinya atau memperparah nyeri sinus yaitu:

Pilek
Sebagian besar infeksi sinus dimulai dengan pilek. Dalam hal ini virus mengiritasi jaringan yang sensitif sehingga menjadi radang dan menghalangi kerja dari lubang drainase (ostium) sehingga lendir tidak bisa mengalir ke dalam hidung.

Dr Meredith menuturkan jika lendir yang ada mengandung campuran kuman yang salah, maka bisa menyebabkan infeksi. Gejala yang ada termasuk demam, nyeri berdenyut saat menggerakkan kepala, kelelahan, napas bau dan ada rasa tertekan di telinga. Kondisi ini umumnya diatasi dengan mengonsumsi obat penghilang sakit dan dekongestan.

Parfum
Sekitar 1 dari 20 orang yang alergi parfum memiliki masalah dengan sinus. Hal ini karena zat kimia dalam aroma parfum bisa mengiritasi dan menembus jaringan halus yang melapisi sinus serta memicu pembengkakan.

Polip
Dalam beberapa kasus, sinusitis akut bisa menyebabkan pembentukan daging kecil di dalam hidung atau sinus yang disebut polip. Kondisi ini menghambat kerja sinus dan menciptakan kondisi yang tepat untuk infeksi bakteri. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan semprotan hidung atau pembedahan, tergantung dari besarnya daging yang tumbuh.

Penggunaan AC sentral
Hal ini memicu kondisi kering dalam ruangan sehingga mengurangi jumlah lendir yang diproduksi dan nantinya berujung pada peradangan lapisan sinus. Lendir akan menumpuk di ruang sinus dan bakteri berkesempatan untuk berkembang biak yang menyebabkan infeksi.

Berenang
Senyawa klorin yang digunakan untuk mensterilkan kolam renang dan bakteri yang ada bisa menyebabkan masalah sinus. Hal ini karena klorin bisa mempengaruhi membran halus yang ada di hidung. Gunakanlah 'klip' hidung untuk mengurangi jumlah klorin yang masuk ke sinus.

Infeksi gusi
Jika gigi rahang atas terinfeksi maka bakteri bisa bersembunyi di struktur tulang atas gigi dan sinus. Sebaliknya sinus yang terinfeksi juga bisa menyebabkan rasa sakit pada gigi yang sehat. Lendir yang menumpuk di dalam sinus akan menempatkan tekanan pada gigi di rahang yang menimbulkan rasa sakit saat mengunyah. Para dokter biasanya menyebut hal ini dengan sakit gigi sinus.

(ver/ir)